Branch Manager BSM Cabang Baturaja Abdul Muklis (baju putih) saat menyerahkan bantuan beasiswa kepada Kepala Sekolah MI Insan Mulia Achmad Sunamri

20 Tahun Bank Syariah Mandiri, BSM Baturaja Berikan Bantuan Beasiswa Untuk Siswa MI Insan Mulia

OKU, beritakite.com – Hari Ulang Tahun atau Hari Jadi merupakan sebuah momen spesial bagi orang atau lembaga, hari tersebut biasanya selalu dikenang atau bahkan diperingati dengan sebuah perayaan khusus, bahkan lazimnya pesta ulang tahun orang atau lembaga diperingati dengan pesta diiringi alunan musik dan lagu.

Namun hal berbeda dilakukan oleh Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Baturaja dalam memperingati hari ulang tahun BSM yang ke-20, bank syariah terbesar di Indonesia itu justru “merayakan” ulang tahunnya dengan mengunjungi sebuah sekolah yang baru saya berdiri di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Kunjungan tersebut dalam rangka penyerahan bantuan dana beasiswa bagi siswa kurang mampu di Madarasah Ibtidaiyah (MI) Insan Mulia Desa Tanjung Baru Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten OKU.

“Hari ini (1 November 2019) Bank Mandiri Syariah genap berusia 20 tahun,” ujar Branch Manager BSM Cabang Baturaja Abdul Muklis mengawali sambutannya saat penyerahan bantuan beasiswa, Jum’at (1/11/2019).

Pada kesempatan tersebut BSM Cabang Baturaja menyerahkan bantuan beasiswa sebesar  Rp. 14.000.000 bagi siswa kurang mampu MI Insan Mulia. Abdul Muklis menjelaskan bahwa program beasiswa bantuan pendidikan merupkan salah satu kelebihan bank syariah

“Bagi hasil yang didapatkan nasabah yang menabung kita zakatin 2,5%, gaji karyawan juga kita potong zakatnya, demikian juga laba perusahaan kita potong zakatnya, kita kumpulkan, nah inilah salah satu progrmnya kita salurkan ke pendidikan,”

Menurut Abdul Muklis BSM melalui Lembaga Amil Zakat (LAZ) BSM memiliki 3 program terkait kegiatan sosial yaitu Program yang ada Didik Umat untuk pendidikan, Mitra Umat untuk kegiatan sosoal, dan Bina Umat untuk bantuan pengusaha golongan ekonomi lemah.

Semakin banyak nasabah/umat muslim/nasabah yang berbisnis dengan bank syariah, menurut Abdul Muklis maka semakin besar dana untuk kegiatan sosial.

“Yang nabung juga insya Allah dapat cipratan pahala, jadi bantuan ini bukan dari BSM semata, tapi dari bapak/ibu yang menabung di bank syariah, dan dari karyawan yang menzakati gajinya dan dari laba perusahaan yang disisihkan zakatnya” tambahnya.

Abdul Muklis juga memohon doa kepada yang hadir agar BSM bisa semakin besar dan kontribusi untuk umat semakin dirasakan merata dan rutin setiap tahun.

“Untuk orang tua, jaga semangat anak-anak untuk bersekolah, terus tingkatkan semangat anak-anak, jangan patahkan semangat anak-anak, semangatnya semakin kuat bahkan hingga perguruan tinggi,” pesan Abdul Muklis.

Abdul Muklis pada kesempatan tersebut juga mengajak yang hadir untuk bersama-sama menabung/berinvestasi di bank syariah.

“Saat bapak/ibu menabung di bank syariah, maka dana tabungan bapak/ibu akan digunakan untuk pembiayaan yang sesuai syariah, digunakan untuk pembiayaan yang baik,” jelasnya.

Foto bersama Branch Manager BSM Cabang Baturaja bersama siswa penerima beasiswa dari MI Insan Mulia

Hadir dalam penyerahan bantuan beasiswa dari BSM Cabang Baturaja tersebut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten OKU yang diwakili Raidi, S.Pd., Mariska, S.Ag., perwakilan PGRI Kabupaten OKU, Wali Murid MI Insan Mulia, Kepala Sekolah MI Insan Mulia beserta dewan guru, serta Murid MI Insan Mulia.

Kepala MI Insan Mulia Achmad Sunamri, S.Pd. dalam sambutanya menjelaskan bahwa MI Insan Mulia merupakan sekolah yang dipelopori oleh anak-anak muda

“Sekolah ini berbasis sosial, kami ingin membantu anak-anak yang kurang mampu untuk dapat mengenyam pendidikan yang sama dengan anak-anak lain,” kata Sunamri.

Namun meskipun sekolah tersebut berbasis sosial, Sunamri menjelaskan bahwa menejeman yang diterapkan adalah manajeman profesional.

“Target kami selama 6 tahun anak-anak bisa hafal Al-Quran, sebanyak 3 juz” jelas Sunamri.

Menurut Sunamri meskipun sekolah Meraka merupakan sekolah yang baru berdiri, namun sekolah mereka telah terdaftar dan tenaga pendidik yang ada memiliki latar pendidikan yang linier dengan bidangnya.

Sementara itu Raidi, S.Pd., mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten OKU dalam sambutanya menyampaikan ucapkan terimakasih kepada BSM Cabang Baturaja yang telah membantu kegiatan MI Insan Mulia.

“Kami merasa bangga, Kiranya kedepan ada ukuran tangan untuk anak-anak kami ini, karena sekolah ini dibangun oleh anak-anak muda yang peduli terhadap generasi penerus bangsa,” ujar Raidi.

Raidi juga menyampaikan pesan kepada dewan guru MI Insan Mulia untuk mendidik anak-anak dari kalangan manapun jangan memilih, karena anak-anak adalah generasi penerus, agar kedepan tidak terjerumus kepada hal-hal yang tidak baik.

“Untuk Wali murid jangan kendor membimbing anaknya, kalau disekolah diajari, dirumah juga diulangi,” pesannya. (bw)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

10 − one =

Berita Populer

Berita Sumsel

iklan kpu