5 Tempat Wisata Favorit Masyarakat Kabupaten Lahat

Lahat, beritakite.com – Kabupaten Lahat merupakan salah satu daerah di Sumatera Selatan. Berbatasan langsung dengan Kabupaten Muara Enim, Kota Pagaralam, Kabupaten Empat Lawang dan Kabupaten Musi Rawas. Kabupaten ini juga dijuluki sebagai Negeri seribu megalith dan negeri seratus airterjun. Tidak heran, jika Kabupaten Lahat menjadi viral dalam hal pariwisata oleh masyarakat daerah tetangganya itu, bahkan sampai tingkat nasional dan internasional. Misalnya ketika tanggal 01 Januari 2017 kemarin, Lahat mengalami kemacetan parah di jalan Desa Tanjung Payang, dan juga jalan lintas Lahat – Pagaralam. Mayoritas kendaraan yang memadati Lahat tanggal itu adalah dari Muara Enim, Pagaralam, Lubuk Linggau, Musi Rawas, Empat Lawang, Prabumulih dan Palembang.

Daripada penasaran, apa saja 5 tempat terfavorit di Lahat ? Yuk kita simak !!!

  1. Cuhup Buluh 7 Tingkat

DSC_0127

Air Terjun atau dalam bahasa Lahat disebut Cuhup, ini adalah cuhup yang fenomenal. Cuhup ini dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar. Cuhup ini terletak di Desa Lubuk Selo Kecamatan Gumay Ulu. Jika akan kesini, kita akan melewati jalan yang berbatu. Tempat parkir yang disediakan disini cukup luas, karena sudah biasa didatangi oleh ratusan pengunjung ketika hari libur. Suasana perkebunan kopi warga buisa kita nikmati di areal parkir cuhup ini. Kemudian kita harus turun untuk menuju cuhup buluh 7 tingkat. Masyarakat sudah membuat tangga tanah untuk turun. Jaraknya lebih kurang 1 km.

Meski turunnya jauh, tapi tidak terasa. Apalagi ketika tiba di bawah, kita akan menjumpai tempat yang sangat representatif untuk relaksasi. Taman yang penuh kesan alami. Ditambah suasana yang sejuk di bawah pohon-pohon besar. Disana juga tersedia kantin, kamar ganti dan mushola yang semuanya terbuat dari bahan kayu dan bambu. Airterjunnya pun sangat cantik. Disebelah kiri cuhup ini, beberapa puluh meter kita juga akan melihat sebuah airterjun yang cukup tinggi namun volume airnya kecil.

 

2. Bukit Besak

avatar

 

Bukit besak adalah bukit yang berada di Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat. Bukit ini berada di seberang bukit serelo yang menjadi landmark alam Kabupaten Lahat. Bukit besak ini bersama cuhup buluh 7 tingkat menjadi langganan dalam berbagai acara komunitas-komunitas di Lahat untuk melaksanakan sebuah agenda. Kedua tempat ini juga sudah beberapa kali masuk dalam beberapa program televisi swasta Indonesia. Jika beruntung, kita akan mendapatkan pemandangan indah disini seperti sunset dan negeri di atas awan. Banyak pemuda Lahat yang melakukan camp disini. Bahkan ada juga turis dari luar daerah yang sering berkunjung kesini.

 

3. Cuhup Gunung Nyawe

a8380621fd9420869fa7b369f8f956dc

 

Cuhup gunung nyawe terletak di Desa Talang Sejemput Kecamatan Pulau Pinang. Cuhup ini memiliki tinggi sekitar 80 meter. Keunikan cuhup ini adalah tekstur tanah tinggi yang berada disekitar cuhup ini, membuat pemandangan yang sangat menakjubkan. Ditambah lagi dengan semburan airterjun yang menghasilkan embun disekitaran air terjun. Untuk sampai ke cuhup ini, kita harus menjalani perjalanan kaki yang cukup panjang sekitar 20 menit. Rute yang dilewati adalah sawah dan perkebunan masyarakat.

4. Bukit Serelo

bukit_selero

Bukit serelo atau yang biasa juga disebut dengan bukit jempol dan bukit tunjuk ini adalah landmark alam Kabupaten Lahat. Bukit ini terletak di Desa Ulak Pandan Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat. Bukit ini unik sekaligus satu-satunya di Indonesia bahkan dunia. Banyak masyarakat yang memilih camp ke bukit ini, selain bentuknya unik juga terdapat sekolah gajah di pedesaan dekat dengan bukit ini. Pemandangan dari atasnya juga sama seperti bukit besak, jika beruntung kita akan melihat sunset dan negeri di atas awan.

 

5. Jembatan Oranye dan Taman Benteng Lahat

13129761_119126191831543_1256793948_n

Tempat ini berlokasi di Kota Lahat. Jembatan oranye yang membelah sungai lematang. Ditambah dengan taman benteng Lahat yang langsung menghadap ke Sungai Lematang. Pesona alam disini juga sangat indah. Sejauh mata memandang, kita akan melihat derasnya sungai dan perbukitan yang berbaris kokoh di depan kita. Masyarakat bisa ber-selfie ria di jembatan dan taman ini. Menurut cerita, disini adalah tempat para seniman daerah Lahat mencari inspirasi. Misalnya lagu Mantai Petang yang terilhami dari tempat ini. Karena dari sini, kita bisa melihat hamparan sawah yang menguning indah terbentang dan angin sepoi yang berhembus. (Yanuar)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

twelve + 13 =

Berita Populer

Berita Sumsel

iklan kpu