Aksara Lematang Menghidupkan Seni dan Budaya Lahat

Beritakite.com, Lahat – Aksara Lematang adalah salah satu komunitas yang berada di Kabupaten Lahat, komunitas ini menggerakkan seni dan budaya seperti halnya bergerak di seni teater, musikalisasi, puisi dan kegiatan seni lainnya. Terbentuknya komunitas ini belum lama di awal 2016, untuk memperkenalkan potensi-potensi anak muda terutama seni dan budaya yang terdapat di Kabupaten Lahat yang di kemas dengan seni teaterikal yang mengangkat cerita berkembang di masyarakat dan di pertunjukkan untuk khalayak luas.

Mengusung kegatan positif ini Pemerintah Lahat melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mendukung penuh kegiatan ini dengan menawarkan untuk tampil sebagai dari kota Lahat untuk menampilkan teaterikal dan musikalisasi di itngkat provinsi seperti halnya di ajang festival sriwijaya di Palembang. Saat festival tersebut mereka menampilkan cerita rakyat Lahat yang berjudul Puyang Patidar dan Padi Kiling Emas, yang merupakan karya Soufie Retorika disutradarai Indra Jaya, penata artistik Nugroho Sulistiawan dan penata musik diusung Titto dan Bagas Pratama.

” Saya sangat berkesan dengan penampilan teman-teman dari Lahat saat menonton membawa pertunjukan yang menarik, pamerannya bagus membuat kangen kampung halaman, ” Jelas wiji (23) salah satu mahasiswa dan penyiar radio yang merupakan orang asli Lahat. Menurut Bunda PAUD Lahat Hj RR Kurnia Sismartiayanti Aswari ” saat menoton festival pertunjukan yang ditampilkan oleh syaikh Muhammad Amirulah sebagai Patidar, Miatyara Sutrisno sebagai istri Patidar, Bayu sebagai Gemidar, Meutya sebagai teman Gemidar ( Lamsia ) dan Hafis Wirangga sebagai Gemidar ( Anam ) ini mengandung banyak pesan dan anak-anak sekarang harus di tanamkan budi pekerti, kembali dari akar budaya mereka utuk diperkenalkan pada hal seperti ini”. Senin, ( 23/01/2017 ) ( Wawan )

 

Editor : Icha

Fotografer : Wawan

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

4 + twelve =

Berita Populer

Berita Sumsel

iklan kpu