Ket foto : Kepala Dinas Pariwisata Lahat, Safrani dan Staf khusus Bupati Lahat, Bidang Pariwisata saat berkunjung ke arca batu macan.

Batu Macan Ini Berawal Dari Kutukan

LAHAT, Beritakite.com – Seekor macan tampak menerkam macan lainya. Seekor macan marah lantaran temanya menerkam seorang anak manusia. Hal itulah yang tergambar pada arca megalitik batu macan yang ada di Desa Pagar Alam, Kecamatan Pagar Gunung, Kabupaten Lahat.

“Ini merupakan arca batu macan. Beda dengan arca arca lain khususnya di Kabupaten Lahat, arca yang satu ini menggambarkan seekor macan sedang menerkam macan lainya dari belakang. Sedangkan macan yang didepanya terlihat sedang menerkam anak manusia, “sampai Mario Andramartik, penggiat, pecinta wisata Kabupaten Lahat dan staf khusus Bupati Lahat, Bidang Pariwisata pasca mengunjungi wisata megalut batu macan, Selasa (26/01/2021).

Dikatakan Mario, menurut legenda yang ia ketahui jika batu macan tersebut berawal dari kutukan si pahit lidah. Usia megalit tersebut sampainya, diperkirakan berumur 3 ribu tahun. Situs ini ungkap Mario, dijaga dan dipelihara oleh seorang juru pelihara bernama Marlini yang merupakan pegawai Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi yang mempunyai wilayah kerja propinsi Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan dan Bangka Belitung.

Ditambahkanya, arca tersebut merupakan aset tak ternilai bagi Bumi Seganti Setungguan. Dirinya berharap, megalit tersebut selain menjadi saksi sejarah juga bisa menjadi peninggalan bagi warga di seluruh tanah air.

“Sangat terjaga. Menarik dan sangat bagus menjadi tujuan wisata. Untuk itu ayo datang dan berwisata ke Lahat. Di Lahat ada banyak situs megalit,”ajak Mario.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Lahat, Safrani Cik Min, menuturkan arca batu macan tetsebut sudah banyak dikunjungi warga khususnya wisatawan baik lokal maupun dari luat Lahat. Katanya, selain bentuk yang menggambarkan hewan macan, megalit yang satu ini sangat menarik perhatian. Dirinya sendiri berharap, aset terus terjaga khususnya bagi warga sekitar. (Sr)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

four × 5 =

Berita Populer

Berita Sumsel

iklan kpu