Besok Terakhir Pendaftaran Program Pra Kerja, Irfa Kodri : Pilih Lembaga Pelatihan Yang Kredibel

PALEMBANG, beritakite.com – Kartu Pra Kerja merupakan bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki dan meningkatkan keterampilannya. Kartu Pra Kerja 2020 yang segera dirilis pemerintah salah satu tujuannya juga untuk mengatasi banyaknya pemutusan hubungan kerja (PHK) sebagai imbas wabah virus corona.

Terbaru, pemerintah memutuskan menambah anggaran Program Kartu Pra Kerja. Awalnya, Rp 10 triliun menjadi Rp 20 triliun. Di mana, masing-masing akan mendapatkan Rp 3.550.000 selama menjalani program.

Insentif tersebut meliputi biaya bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta yang tak bisa dicairkan atau hanya untuk biaya pelatihan, kemudian insentif penuntasan pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan atau jika sudah menyelesaikan pelatihan, dan insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 150.000

Untuk Provinsi Sumatera Selatan kuota kartu pra kerja yang dialokasikan pemerintah sebanyak 83.000 dan setiap warga sumsel yang berusia minimal 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal berhak mengikuti program ini.

Salah satu lembaga pelatihan kerja di Provinsi Sumatera Selatan dan telah memiliki akreditasi adalah LPKKP Sriwijaya Universal yang beralamat di Jl. lunjuk jaya no. 19 c. Kel. Lorok pakjo. Kec. Ib 1. Palembang.

Lembaga yang dipimpin Irfa Kodri, ST., MT., itu menjadi salah satu lembaga mitra pemerintah dalam penyelenggaraan pelatihan kerja bagi masyarakat peserta program Pra Kerja.

“Kami menjadi salah satu lembaga penyelenggara pelatihan kerja bagi masyarakat peserta program pra kerja,” tutur Irfa.

Menurut Irfa Kodri besok (Selasa, 7 Maret 2020) adalah hari terakhir pendaftaran program kartu pra kerja.

“Masyarakat boleh mendaftar di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK), camat, dan Dinas Tenagakerja (Disnaker) Kabupaten/Kota, nantinya data pendaftaran dikumpulkan di Disnaker Provinsi Sumsel,” tambah Irfa.

Selanjutnya Disnaker Sumsel akan mengirimkan data tersebut ke Kementerian Ketenagakerjaan, nanti Kementerian yang memverfikasi calon peserta yang mendaftar.

Setelah peserta diverifikasi dan dinyatakan lulus, maka peserta akan mendapatkan pin untuk login dan mendaftar lagi ke web Prakerja dibawah Kementerian Tenagakerja.

“Nanti setelah lukus verifikasi dan dapat PIN untuk login baru peserta program pra kerja bisa memilih Lembaga Pelatihan Kerja yang terbaik menurut mereka,” sambungnya.

Terkait pemilihan Lembaga Pelatihan Kerja, Irfa berharap para peserta memilih LPK yang berreputasi baik, terdaftar di Disnaker dan terakreditasi.

“Jangan sampai masyarakat hanya mengambil uang tunjangan sebesar Rp. 600.000 per bulan selama 4 bulan saja, namun juga harus dapat manfaat pelatihannya, agar masyarakat memperoleh skill tambahan,” harap Irfa.

Irfa menambahkan bahwa LPKKP Sriwijaya Universal adalah lembaga yang sudah memiliki izin, sudah ada akreditasi, dan pengajarnya adalah para profesional yang terdiri dari dosen dan pekerja di berbagai perusahaan.

“Nanti pembelajaran dilakukan secara online selama 4 bulan, dan pengajar kita sudah terbiasa dengan metode belajar online seperti ini, karena tenaga pengajar kita adalah para dosen profesional dari berbagai kampus di Sumsel,” tambahnya.

Adapun bidang pelatihan kerja yang dilakukan di LPKP Sriwijaya Universal terdiri dari Supervisor Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Konstruksi, Operator K3 Umum, Instalasi Listrik Rumah Tinggal, Program ETAP (Untuk teknik Elektro & Jaringan Komputer), Program PLC (Untuk teknik Elektro & Jaringan Komputer), Program RAB Untuk Bangunan Rumah / Gedung, Program Autocad 2D dan 3D (Untuk Menggambar), Program SAP (perhitungan Kekuatan strutur Bangunan), Sales Operation, Brand Operation, Service Operation, Perpajakan, Akuntansi Dasar.

Karena LPKKP Sriwijaya Universal adalah Lembaga Pelatihan Kerja yang sudah resmi terdaftar di Diknas dan Kemenaker sejak lama, bukan baru daftar saat akan ada program kartu prakerja saja dan lembaga ini sudah terbukti lulus akreditasi oleh Lembaga Akreditas LPK dibawah pengawasan Kemenaker RI, maka Irfa berharap para calon peserta program Pra Kerja dapat memilih LPKKP Sriwijaya Universal sebagai lembaga tempat pelatihan mereka nantinya

“Besok adalah hari terakhir pendaftaran, silahkan mendaftar melalui email : prakerjasumsel@gmail.com, dan jangan lupa pilih Lembaga Pelatihan Kerja yang keredibel, bukan lembaga yang baru didirikan saat program pra kerja ini di buat,” pungkas dosen Poltek Unsri itu. (Red)

 

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

12 − 1 =

Berita Populer

Berita Sumsel

iklan kpu