Goa Suruman Besak Lahat Potensi Wisata Belum Tergarap

Beritakite.com, Lahat – Satu lagi potensi wisata Lahat yang belum digarap. Yaitu goa suruman besak di Desa Sukajadi Kecamatan Pseksu Kabupaten Lahat.

Dalam bahasa Lahat, Suruman itu artinya goa. Sehingga masyarakat sering menyebut tempat ini sehari-hari dengan suruman besak.

Untuk sampai kesuruman besak, kita butuh waktu tempuh lebih kurang tiga jam perjalanan kaki. Track yang dilalui adalah beberapa bukit sehingga kita harus menguras tenaga naik turun bukit. jalannya pun tanah, jika hujan maka dipastikan jalan akan licin dan becek.

“Goa ini pernah dikunjungi mapala dari beberapa kampus untuk pemetaan,” ungkap Rian warga Sukajadi.

Goa ini memiliki bibir yang luas dan cenderung aman untuk dimasuki. Sampai di dalam, kita akan mulai merasa dingin dan gelap. Karena memang goa ini belum pernah disentuh oleh pemerintah. Keadaannya masih alami, goa ini sangat besar dan luas. Kita akan menemukan beberapa track berbahaya yang membuat kita harus berhati-hati karena lantai goa yang menurun dan licin.

“Kita harap goa ini bisa dikelola oleh pemerintah dengan baik untuk wisata Kabupaten Lahat,” ungkap Armando warga Sukajadi. Jum’at (20/01/2017). ( Yanuar )

Fotografer : Yanuar

 

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

3 × three =

Berita Populer

Berita Sumsel

iklan kpu