Ahmad Eka Saputra, S.Pd./ dok.pribadi

Hari Pahlawan, Pelajar dan Pandemi Covid-19

Oleh : Ahmad Eka Saputra, S.Pd
Penulis adalah Guru SMP Negeri 10 OKU

 

Peringatan hari pahlawan 10 November 2020 tahun ini akan menjadi sebuah peringatan yang akan selalu dikenang oleh pelajar di Indonesia, karena peringatan hari pahlawan  dengan tema “Pahlawanku Sepanjang Masa” tahun ini terjadi ditengah pandemi Covid-19. Tema hari pahlawan tahun ini sesungguhnya mengajak kita semua menjadi pahlawan-pahlawan masa kini, yang terus berjuang demi kemajuan bangsa.

Jika biasanya peringatan hari pahlawan selalu dilaksanakan disekolah-sekolah dengan melaksanakan upacara dan rangkaian lomba-lomba guna mengenang jasa dan semangat juang para pahlawan. Namun tahun ini karena kegiatan belajar mengajar di sekolah dilaksanakan secara daring akibat pendemi Covid-19 maka peringatan hari pahlawan tidak dilaksankana secara langsung di sekolah-sekolah. Pandemi Covid-19 yang “mengharuskan” kegiatan belajar mengajar disekolah dilaksanakan secara daring diakui atau tidak berdampak menurunnya semangat belajar pelajar Indonesia.

Berdasarkan survei UNICEF yang dimuat di Kompas.com  66 % siswa mengaku tak nyaman belajar dirumah. Survei tersebut dilaksanakan UNICEF pada 18-29 Mei 2020 dan 5-8 Juni 2020 lalu. Selama survei, UNICEF menerima lebih dari 4.000 tanggapan dari siswa di 34 provinsi Indonesia, melalui kanal U-Report yang terdiri dari SMS, WhatsApp, dan Messenger, hasil survei menyebut, sebanyak 66 persen dari 60 juta siswa dari berbagai jenjang pendidikan di 34 propinsi mengaku tidak nyaman belajar di rumah selama pandemi Covid-19.

Ketidaknyamanan belajar dirumah tersebut diakui atau tidak menjadi salah satu faktor penyebab menurunnya semangat belajar pelajar Indonesia yang masih terus belajar dengan metode daring akibat dampak pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir sat ini.

Moment peringatan hari pahlawan tahun ini semestinya dapat menjadi moment bagi pelajar Indonesia untuk kembali membangkitkan semangat belajarmereka. Semangat perjuangan para pahlawan bangsa harus menjadi inspirasi para pelajar untuk  tetap berjuang menghadapi aral pandemi Covid-19 ini.

Hari pahlawan dapat membawa sebuah semangat khusus bagi pelajar Indonesia, semangat untuk meneladani kegigihan dan keuletan para pahlawan demi terwujudnya kemerdekaan Indonesia. Selain itu hari pahlawan juga mengingatkan kepada para pelajar bahwa dimasa penjajahan dahulu tidak semua anak Indonesia memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan. Berkat kegigihan dan keuletan para pahlawanlah semua anak indonesia hari ini memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan.

Peran serta semua pihak tentunya tak dapat dilepaskan guna membangkitkan semangat para pelajar Indonesia. Lembaga pendidikan, guru dan orang tua harus mengambil peran guna terus memompa semangat para pelajar. Lembaga pendidikan harus mampu melahirkan kebijkan yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran daring sehingga guru dan siswa dapat nyaman dalam proses pembelajaran daring, sedangkan guru harus mampu manciptakan inovasi belajar agar proses belajar mengajar dapat berlangsung secara menyenangkan dan terakhir orangtua  peran orang tua adalah memastikan tersedianya jaringan internet, media belajar dan mengontrol serta mengelola disiplin murid, sehingga murid melakukan tugasnya dengan tuntas dan tepat waktu.

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

two × 4 =

Berita Populer

Berita Sumsel

iklan kpu