oleh

Herman Deru Kunjungi Korban Kebakaran di Lahat

-Lahat-482 Dilihat

LAHAT, Beritakite.com – Gubernur Sumsel H Herman Deru,  mendatangi lokasi warga kebakaran di Rt 3-4 Kelurahan Pasar Bawah,  Kecamatan Lahat,  Jumat (9/10). Bersama Bupati Lahat,  Cik Ujang,  ia melintasi rumah demi rumah yang terbakar.

“Tak bisa dibayangkan betapa dahsyatnya api membakar rumah,”sampai Herman Deru,  seraya berbincang dengan Bupati Lahat,  Cik Ujang.

Meski ikut berduka dan prihatin atas kejadian itu,  tamak Deru berusaha tegar.  Senyum,  sapa dan lambaian tanganya ia berikan kepada warga yang menyambut kedatanganya.  Sesekali Ia kembali berhenti dan langsung berbincang dengan warga.  Selain memantau lokasi kebakaran,  Deru juga memantau dapur umum,  posko kesehatan,  posko bantuan dan tenda bermalam bagi korban.  Bahkan, ia menghibur dan mengajak serta anak anak menyanyi.

“Musibah ini merupakan pelajaran bagi kita semua.  Tidak satupun dari kita yang menginginkannya.  Ini bukti ketidakberdayaan manusia.  Ini cara Allah kita bukan hanya kepada korban tapi kepada pemimpin. Atau kejadian ini merupakan cara Allah agar kita terus meningkatkan ketebalan iman.  Untuk itu ini pelajaran berharga sehingga tidak kembali terulang.  Kepada para korban agar bersabar dan mari kita bangkit, “tutur Deru,  dihadapan ratusan korban kebakaran.

Deru sendiri berjanji,  Pemprov Sumsel bersama Pemkab Lahat,  akan membantu warga yang rumahnya terbakar untuk dibangun kembali dan akan menata pemukiman sehingga kedepan lebih baik.  Tak hanya itu,  selama enam bulan warga akan ditanggung kebutuhan hidup warga.  Herman Deru juga mengintruksikan agar warga yang tertimpa musibah dimudahkan  digratiskan dalam pembuatan ulang dokumen penting seperti ijazah,  SIM,  Kartu nikah dan lainya.

“Saya intruksikan agar dokumen penting warga yang terbakar bisa kembali dicetak. Dimudahkan dan digratiskan, “ujar Deru,  dalam kesempatan itu Deru,  juga memberikan enam unit handphone kepada warga yang bisa menjawab pertanyaan.

Sementara itu,  Bupati Lahat,  Cik Ujang,  SH menyampaikan, apresiasi atas kedatangan dan bantuan yang diberikan Herman Deru.  Cik Ujang,  sendiri menyampaikan Pemkab Lahat,  akan maksimal dalam membantu warga termasuk membangun ulang rumah warga,  memastikan kesehatan dan kebutahan warga.

“Kita berharap warga bersabar.  Dan untuk pembangunan kita minta warga bisa saling pengertian. Rumah kita bangun dengan bentuk sama apa tipe 36 dan 45. Yang pasti penataan pemukiman. Harus ada jalan sehingga kendaraan bisa masuk.  Bila perlu kita buatkan sarana olahraga, “sampainya.(sr)

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *