Ijtihad Melanjutkan Transformasi Gerakan

Oleh:  Ahmad Mubasyir,  SP

Ketua KAMMI Daerah OKU Raya

 

berita kite.com – 21 tahun yang lalu terjadi hari hari dimana kegelisahan dan keresahan memuncak, kebebasan berpendapat dibelenggu, stabilitas ekonomi murat marit, korupsi kolusi dan nepotisme menjamur bak di musim penghujan. Menjelang berakhirnya masa kepemimpinan yang diktator dan otoriter muncul sebuah kesadaran perlawanan yang dimotori oleh gerakan mahasiswa muslim yang di sebut kesatuan aksi mahasiswa muslim indonesia yg di deklarasikan di malang pada tanggal 29 maret 1998 dengan Bung Fahri Hamzah sebagai ketua.

Seminggu setelah di deklarasikan gerakan yang mengusung tagline “ OPOSISI KEBATILAN “ ini melakukan aksi massa terbesar dengan jumlah 200 ribu peserta aksi yang terhimpun dari seluruh mahasiswa muslim, para pedagang, ibu-ibu rumah tangga, dan elemen masyarakat lain yang berkumpul di pelataran masjid Al Azhar Jakarta yang bertujuan untuk menuntut perubahan dan Reformasi total dalam seluruh tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara, bergeraklah menuju gedung parlemen Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.

Aksi-aksi massa yg terus di gelorakan dengan satu tujuan agar Reformasi segera di lakukan, maka pada mei 1998 pemerintahan yang berkuasa lebih dari 32 tahun itu akhirnya tumbang. Konstitusi mendasar yang menjadi kemenangan terbesar gerakan mahasiswa adalah tentang kebebasan berpikir, berbicara serta berserikat, Indonesia memasuki fase baru yang kita sebut era Reformasi. Menjadi keyakinan bahwa kemajuan tak dapat di wujudkan tanpa banyak ide melalui pikiran” rakyat yang berkwalitas yang tertuang dalam diskusi” masyarakat yang berserikat merumuskan perubahan perbaikan.
Satu hal yang paling pasti dalam hidup adalah perubahan itu sendiri, baik secara personal maupun universal. Dari awal terbentuknya gerakan ini berusaha terus menyesuaikan diri dengan keadaan zaman, dimana ada kegelisahan KAMMI hadir sebagai penyeru perubahan perbaikan.Gerakan aksi massa adalah identitas gerakan ini sebagaimana satu kata yang tercantum dari namanya “ AKSI “ , termasuk bisa di artikan dengan tafsir yang lebih luas.

Ijtihad melanjutkan transformasi gerakan merupakan semangat yang di ambil dalam perayaan milad KAMMI ke 21 tahun 2019. Artinya KAMMI berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam penyelesaian setiap kegelisahan yang dirasakam oleh rakyat serta aksi aksi perbaikan yang terus dilakukan. Dengan bersinergi dengan seluruh elemen masyrakat KAMMI mempunyai visi besar menjayakan indonesia tahun 2045 tepat seratus tahun indonesia merdeka dan dua puluh tahun dari hari ini. Semangat ini secara substansi sama dengan semangat para pemuda ditahun 1928 yang berkumpul mendeklarasikan sumpah pemuda dengan visi kemerdekaan indonesia. Duapuluh tahun kemudian di tahun 1945 visi kemerdekaan itu barulah terwujud.

Kita tidak akan mencapai sesuatu yang besar tanpa berpikir tentang hal tersebut dan mensinergikan seluruh sumberdaya yang kita miliki untuk mewujudkannya. Menjadilah pribadi yang diam meneduhkan, berbicara mencerdaskan, dan bergerak menginspirasi.

Dari seorang yang fakir dalam kesatauan ini, selamat milad KAMMI Ku, KAMMI Mu, KAMMI kita semua, karena kita sepenuhnya Indonesia.

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

17 − sixteen =

Berita Populer

Berita Sumsel

iklan kpu