Kepala BPTP Balitbangtan Sumsel saat memberikan hasil inovasi teknologi berbasis Eucalyptus kepada Bupati OKU

Inovasi Teknologi Berbasis Eucalyptus Balitbangtan Mampu Menghambat Pembelahan Sel Virus Corona Sampai 80 Persen

OKU, beritakite.com – Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Sumatera Selatan (Sumsel), Senin (21/09/2020) malam melakukan audiensi dengan Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Drs. H. Kuryana Azis.

Audiensi yang dilaksanakan di Rumah Dinas Bupati OKU tersebut dipimpin langsung oleh Kepala BPTP Balitbangtan Sumsel Dr. Atekan, M.Si,. didampingi Kasubag Tata Usaha Susilawati, SP., M.Si., Kasi KSPP Sidiq Hanapi, SP., M.Sc., Penyuluh BPTP I Ketut Warken Edi, SP., nampak hadir pula dalam audiensi tersebut Kepala Dinas Pertanian Kab.OKU Joni Saihu, S.P. M.Si.

“Audiensi ini dilaksanakan dalam rangka melakukan koordinasi dan sosialisasi hasil inovasi teknologi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian/Balitbangtan di daerah,” ujar Dr. Atekan, M.Si.

Dalam audiensi tersebut Kepala BPTP Balitbangtan Sumsel Dr. Atekan, M.Si,. menyerahkan tiga produk inovasi teknologi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian berupa kalung, inhaler, dan roll-on berbasis Eucalyptus yang mampu menghambat pembelahan sel Virus Corona atau Beta-CoV sampai 80 persen kepada Bupati OKU.

Kepala BPTP Sumsel dalam audiensi itu memperkenalkan BPTP Balitbangtan Sumsel yang merupakan Unit Pelaksanaan Teknis Balitbangtan, Kementerian Pertanian yang memiliki tugas dan fungsi untuk melaksanakan pengkajian, perakitan, pengembangan dan diseminasi teknologi pertanian tepat guna spesifik lokasi.

“BPTP sudah melakukan kegiatan pendampingan dan pengawalan program strategis Kementan dan bersinergi dengan Dinas Pertanian Kabupaten OKU seperti UPSUS PAJALE, selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (SERASI) / Optimalisasi Lahan Rawa (OPLAH), Kegiatan Taman Teknologi Pertanian TTP Semidang Aji, Pengembangan Perbenihan Padi sawah irigasi (Inpari),” ucap Dr. Atekan.

Bupati Kuryana Aziz menyambut dengan hangat Kepala BPTP Balitbangtan Sumsel beserta Tim. Bupati juga mengapresiasi baik berbagai program kerja BPTP, serta hasil inovasi terbaru produk yang dihasilkan oleh Balitbangtan, Kementerian Pertanian.

“Silahkan dilanjutkan kegiatan-kegiatan yang bisa didiseminasikan dan pengkajian yang dapat dilakukan untuk lebih mendukung pembangunan pertanian di Kabupaten OKU,” kata Bupati OKU.

Selain memperkenalkan produk Eucalyptus, Kepala BPTP Balitbangtan Sumsel juga meyerahkan buku Profil BPTP Sumatera Selatan dan Buku 600 Inovasi Teknologi Badan Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pertanian kepada Bupati OKU. (bw)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

two × three =

Berita Populer