Jembatan Gantung Banjar Negara Satu-Satunya Jembatan Gantung dalam Kota

beritakite.com , Banjar Negara, Lahat – Sebagai warga Kota Lahat tentu kita tidak asing dengan jembatan gantung yang berada di kawasan Benteng Kota Lahat ini. Selain itu, jembatan ini merupakan satu-satunya jembatan gantung yang berlokasi di dalam Kota Lahat.

Menurut cerita, jembatan ini sudah dibangun sejak zaman penjajahan Belanda serta menjadi satu-satunya penghubung transportasi antara Pasar Kota Lahat dan desa-desa yang ada di seberang. Salah satu kisah fenomenal dari jembatan ini adalah ketika Pesawat Capung milik Belanda pernah tersangkut di sana.

Kepala Desa Banjar Negara, Suldan Helmi, mengatakan di kediamannya bahwa dahulu sewaktu zaman pesirah 4 Lurah Manggul, jembatan ini pernah putus. Kemudian salah satu pesirah yaitu Pesirah Azhar (Ayah dari Suldan Helmi) memperbaikinya bersama warga. Selanjutnya Suldan Helmi juga mengatakan, dengan history-nya jembatan ini dapat menjadi salah satu obyek wisata yang musti diberdayakan dan mendapat perhatian khusus dari pemerintah.

Suldan Helmi mengatakan, “Jembatan gantung ini adalaah satu-satunya yang berada di kota. Bahkan mungin satu-satunya di Sumsel,” katanya. Seperti yang kita ketahui bahwa jembatan ini menghubungkan wilayah Kota Lahat ke seberang Desa Banjar Negara. “Saat ini, masih ada masyarakat yang melintasi jembatan ini. Meskipun kebanyakan masyarakat memilih untuk melewati jembatan benteng lematang,” ujarnya. (Aan Kunchay)

 

Fotografer : Aan Kunchay

Editor : Yanuar Anose

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

four × two =