Jembatan Penghubung Kabupaten OKU -OI Amblas, Diduga Akibat Penggalian Pipa Jaringan Gas

OKU, beritakite.com – Sebuah jembatan yang menghubungkan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dan Kabupaten Ogan Ilir (OI) amblas dan tak dapat dilalui oleh kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Jembatan yang terletak di ruas jalan Lubuk Batang – Peninjauan tepatnya di Desa Lubuk Batang Lama Kecamatan Lubuk Batang Kabupaten OKU itu amblas pada Jum’at (23/10/2020) malam.

Pantauan dilokasi pada Sabtu (24/10/2020) pagi nampak lubang menganga selebar +/- 1 meter menyebabkan jembatan tersebut tak dapat dilalui sebelum marga setempat berinisiatif memasang beberapa ruas papan sebagai jembatan darurat agar kendaraan roda dua dan pejalan kaki dapat melintasi jembatan tersebut.

“Jembatan Air Aman Dusun 4 Desa Lubuk Batang Lama ini amblas tadi malam sekitar pukul 23.00,” terang Tanzimi warga Desa Lubuk Batang Lama.

Menurut Tanzimi warga sejak tadi malam bergotong royong menyiapkan papan sebagai jembatan darurat serata berjaga-jaga agar tak ada warga yang menjadi korban rusaknya jembatan tersebut.

Saat disinggung penyebab amblasnya jembatan tersebut Tanzimi menduga jembatan tersebut amblas salah satu faktornya disebabkan penggalian pipa jaringan gas (jargas) yang dilakukan tepat disamping badan jembatan.

“Memang jembatan ini sudah retak sebelum ada galian pipa jargas, namun kondisi makin parah setelah ada penggalian pipa jargas, dan akhirnya jembatan amblas tadi malam,” bebernya.

Penggalian pipa jargas menjadi faktor penyebab amblasnya jembatan Air Aman tak ditampik oleh Indra Kepala UPTD PU Bina Marga dan Tata Ruang Kabupaten OKU yang langsung meninjau kondisi kerusakan jembatan tersebut.

“Galian-galian itu (galian pipa jargas -red) memperparah kerusakan yang sudah ada,” ujar Indra saat ditanya awak media apakah penggalian pipa jargas menjadi faktor penyebab amblasnya jembatan.

 

Menurut Indra faktor utama penyebab amblasnya jembatan adalah faktor umur dan kemampuan jembatan itu sendiri. Untuk sementara pengguna jalan dilihkan ke jalan alternatif yang ada diwilayah tersebut. (bw)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

eighteen − 7 =

Berita Populer

Berita Sumsel

iklan kpu