KAMMI Ogan Peduli Tragedi Kemanusiaan di Ghouta

Ogan- Membantu sesama umat Manusia khususnya umat Islam merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim di Dunia, Kamis 8 Maret 2018, puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) daerah Ogan Ilir, Sumatera Selatan telah melaksanakan Aksi Solidaritas Penggalangan dana untuk muslim di Ghouta Suriah yang berlangsung di depan Tugu Timbangan Indralaya dan aksi tersebut di lakukan selama 2 Hari. para Mahasiswa ini menyampaikan Orasi dengan menyatakan rasa empati kepada korban Ghouta di Suriah, dan mahasiswa lainnya melakukan penggalangan dana yang akan disumbangkan ke warga di Ghouta melalui lembaga penyalur donasi dari Rumah KAMMI Peduli (RKP) KAMMI Pusat.

Koordinator Aksi, Iwan Pales selaku Ketua Bidang 2 PD KAMMI Ogan Kamis (8/3) menjelaskan bahwa “Tragedi Ghouta Timur” bukan hanya persoalan perang saudara, akan tetapi lebih dari itu. Tragedi ini telah menjadi bencana kemanusiaan yang telah mencoreng HAM dan merupakan kejahatan genosida yang harus segera di hentikan. Dan aksi yang mereka lakukan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap warga muslim di Ghouta yang sedang mengalami tragedi kemanusiaan.
“Setiap manusia pasti terketuk hatinya melihat tragedi ini. Sedangkan selaku muslim, Ghouta merupakan benteng pertahanan umat Muslim sehingga perlu untuk dilindungi. Allah berfirman dalam Q.S Al Hujurat: 10 Bahwa sesama muslim itu bersaudara.mesti dan sudah seharusnya kita peduli dengan saudara kita, karena Ghouta adalah bagian dari kita dan bagian dari “KAMMI” ujar Iwan. Dan tindak kekerasan merupakan salah satu bentuk kejahatan atas kemanusiaan yang jelas-jelas telah melanggar Hak Asasi Manusia (HAM).
Sebagai bentuk solidaritas, KAMMI Ogan menyampaikan sejumlah tuntutan sebagai pernyataan sikap, yakni Mengecam serangan brutal tentara militer Bashar Al-Assad terhadap Ghouta, Menuntut Presiden Indonesia mengeluarkan sikap tegas serta mengecam perlakuan rezim Bashar Al-Assad atas tragedi kemanusiaan di Suriah, Menuntut menteri luar negeri republik Indonesia menekan dewan keamanan PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) untuk menghentikan kekejaman rezim Bashar Al-Assad terhadao rakyat Suriah khususnya di Suriah. Selain itu juga KAMMI mengajak seluruh elemen masyarakat, Instansi Pemerintahan, organisasi masa untuk melakukan aksi solidaritas kemanusiaan terhadap tragedi yang terjadi di Ghouta.
Penggalangan dana yang dilakukan selama 2 hari itu dimulai dari jam 16.00 WIB dengan titik kumpul di Tugu timbangan, sampai dengan jam 17.30 para pengguna jalan terlihat banyak berhenti untuk ikut memberikan sumbangan, Aksi yang dilakukan berjalan dengan lancar hingga puncak dari Aksi penggalangan dana pada hari kedua yang mana pada saat Aksi tersebut dilaksanakan dengan adanya Teatrikal. Walaupun diguyur dengan hujan yang sangat lebat tapi tetap tidak menyurutkan semangat para mahasiswa ini untuk terus memberi pencerdasan kepada masyarakat dan melakukan penggalangan dana untuk saudara di Ghouta.
Setelah melaksanakan penggalangan dana kami menghitung Hasil penggalangan dana yang dilakukan selama 2 hari yang disaksikan oleh semua kader KAMMI Ogan. Dan dari hasil perhitungan tersebut dana yang terkumpul sejumlah Rp. 3.621.200,- (tiga juta enam ratus dua puluh satu ribu dua ratus rupiah). Dengan diadakannya penggalangan dana ini diharapkan dapat membantu masyarakat muslim di Ghouta, dan juga KAMMI daerah Ogan mengucapkan terimakasih kepada Masyarakat pengguna lalu lintas jalan Palembang-Indralaya dan semua pihak yang telah membantu menyukseskan kegiatan ini. (NA)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

14 + nineteen =

Berita Populer