Kecamatan Pajar Bulan Hadirkan Kopi Tumbok Lesung di Bazar HUT Kabupaten Lahat

Beritakite.com, Lahat –  Satu lagi kopi khas Kabupaten Lahat yang terkenal adalah kopi tumbok lesung asli khas Pajar Bulan.  Kopi ini dipamerkan pada bazar HUT Kabupaten Lahat ke – 148 di Lapangan Seganti Setungguan Lahat.

Meriansyah sebagai koordinator Karang Taruna Pajar Bulan menjelaskan bahwa kopi ini merupakan karya kelompok tani Pajar Bulan. Kopi tumbok lesung ini memiliki kualitas yang sangat bagus karena petik merah saat panen. “Proses penghalusannya menggunakan lesung yaitu alat tradisional,” kata Meriansyah menjelaskan.

Kelebihan kopi adalah pengelolaannya menggunakan lesung.  Yaitu sejenis alat yang terbuat dari kayu untuk menghaluskan kopi. Tidak menggunakan mesin kopi pada umumnya.

“Rasanya beda,  nikmatnya lain, “jelas Meriansyah. Meri menambahkan untuk pemasaran selama ini di pusat oleh-oleh Pagaralam.” Kalo di Lahat,  paling di warung, “katanya.

Harga kopi ini relatif murah.  Hanya dengan tiga puluh ribu rupiah, kita bisa membawa pulang seperempat kilogram kopi tumbok lesung ini.  Jenis kopinya yaitu robusta.

Selain kopi, banyak kerajinan tangan masyarakat Kecamatan Pajar Bulan seperti gelas yang terbuat dari bambu, rumah-rumahan dari kayu dan bambu, tempat lampu, teko dari bambu, serta vas bunga dari rotan. “Untuk kerajinan tangan ini adalah hasil kelola tim karang taruna,” jelas Meriansyah menuturkan.

 

Selasa,14/05/2017

Editor : Icha

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

ten − six =

Berita Populer

Terbaru