Kementerian Lingkungan Hidup Kunjungi Desa Ulak Pandan

Ulak Pandan (15/8/2018) – Kementrian Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Sumatera Selatan didampingi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lahat menyambangi Desa Ulak Pandan dalam rangka Verifikasi Program Kampung Iklim. Ini merupakan agenda lanjutan dimana Desa Ulak Pandan adalahsatu-satunya Desa dari Kabupaten Lahat yg masuk dalam penilaian Program kampung iklim tahun 2018

Dedi Iswarlan salah satu anggota pengusul membenarkan bahwa hari ini verifikasi berkas dan lapangan,” kami juga diajak TIM verifikasi berkeliling desa untuk meninjau, melihat kebenaran data yang kami usulkan, tadi untuk pembukaan kami pusatkan di wisata alam pelancu disitu dibuka dengan kegiatan semi formal sambutan-sambutan, setelah itu dilanjutkan TIM Verifikasi berkas dan mensurvei di kegiatan penanaman agrowisata & organik, penghijauan sepanjang aliran sungai, Inovasi Teknologi pengairan sawah, pemanfatan air hujan, rumah sehat, biopori, pengomposan, perkebunan tumpang sari, embun, poskamling, kantor desa, sarana umum serta lingkungan seputar desa dan lain-lain dari pagi hingga sore hari mereka keliling didesa kami dengan berjalan kaki “.

” Alhamdulilah dalam kesempatan ini Bumdes juga berkesempatan mempersentasikan sejarah singkat pendirian pelancu kepada TIM Verifikasi karena kami beranggapan pelancu selain tempat wisata berkaitan juga dengan proklim karena menginovasi tempat pembuangan sampah menjadi tempat wisata dan selain itu juga memberdayakan karang taruna dan warga sekitar sebagai pengelola dan pekerja,”tambahnya.

Susiawan Rama selaku Kepala Desa Ulak Pandan menyampaikan, “semoga ini menjadi warna bagi kami dalam berbakti untuk lingkungan sehingga bisa membawa harum nama Desa, Kecamatan, Kabupaten serta Provinsi di tingkat Nasional dan saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak membantu, membimbing dan bekerjasama”.

Sementara Evan Yusup Selaku Ketua TIM Pengusul menyampaikan bahwa, “kami dari tahun 2015 hingga 2018 ini sudah berupaya terhadap lingkungan dimulai dari berbagai kegiatan seputaran area bukit serelo dengan penanaman 1000 pohon, pungut sampah, kemah bakti lingkungan, pemasangan gapura, peta dan himbauan pendaki, rambu-rambu pendaki, penanaman pohon diarea sungai dekat pelancu, pembuatan pelancu, TTG ITPS, pelatihan-pelatihan serta pembentuan kelompok-kelompok masyarakat. kami sudah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak seperti PTBA, Kehutanan, Manggala Agni, Pelatihan sekolah Gajah, KPH Subanjeriji, Tagana, KPA & Mapala serta komunitas-komunitas dan alhamdulilah semoga itu semua bisa menjadi bagian pendukung dari verifikasi program kampung iklim ini”.

Dipembukaan kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Kementrian Lingkungan Hidup Republik Indonesia Bapak Erwin Meirifansyah, S. Hut. Msi. Bapak Ir. H. Hadenli Ugihan. Msi, ibu Tri Sukma Dewi dari Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Sumatera Selatan, Bapak Kamran, SE dari DLH Kabupaten Lahat, Bapak Khaidir mewakili Camat Merapi Barat, Pak Gito dan Pak Waluyo dari Pihak Manajemen PTBA selaku pembina, Pak Widodo dari Kehutanan, BPD, LPM, Lembaga Adat, Bumdes,Karang Taruna Tokoh Agama serta masyarakat Ulak Pandan.

(mhd)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

one × 2 =

Berita Populer