Rapat Kerja Program Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba di Lingkungan Masyarakat BNN Kabaupaten OKU Timur

Kepala BNN OKU Timur : Pecandu Narkoba Yang Bersedia Di Rehabilitasi Tidak Akan Diproses Hukum

OKUT, beritakite.com – Narkotika (narkoba) adalah barang yang diharamkan oleh semua agama dan dilarang oleh negara, didunia ini ada sekitar 400-500 jenis narkotika yang beredar, khusus Kabupaten OKU Timur ada tiga jenis narkotika yang beredar yaitu sabu-sabu, ekstasi dan ganja.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten OKU Timur AKBP Gendi Marzanto. SH.,MH., saat menjadi pemateri dalam kegiatan Rapat Kerja Program Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba di Lingkungan Masyarakat, Kamis (5/3/2020).

“Setiap hari narkotika ini selalu bertambah jumlahnya, di OKU Timur tiga jenis narkotika yang beredar yaitu sabu-sabu, ekstasi dan ganja,” kata AKBP Gendi Marzanto.

AKBP Gendi Marzanto dalam materinya dengan tema Aspek-aspek hukum dalam pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba menjelaskan dampak penggunaan barang-barang haram tersebut dapat merusak saraf serta paru-paru.

“Ancaman hukuman bagi pengguna, pengedar dan bandar narkoba ada ancaman hukuman maksimal yaitu hukuman mati,” ucap Gendi Marzanto.

Bahkan menurutnya bagi masyarakat yang melihat peredaran dan penyalahgunaan narkoba namun tidak melaporkan kepada pihak berwajib juga diancam dengan hukuman 1 tahun penjara.

Kepada masyarakat yang memiliki anggota keluarga yang mengalami kecanduan narkoba atau korban penyalahgunaan narkoba AKBP Gendi Marzanto meminta agar anggota keluarga tersebut di rehabilitasi.

“Pecandu narkoba dan korban penyalahgunaan narkoba yang direhabilitasi tidak akan diproses hukum dan ditahan serta gratis biaya rehabilitasinya, dengan catatan yang bersangkutan menyerahkan diri secara sukarela, bukan karena ditangkap,” tegas AKBP Gendi Marzanto.

Menurutnya saat ini BNN OKU Timur telah memiliki unit rawat jalan, sudah memiliki dokter, konselor, dan perawat.

Kegiatan Rapat Kerja yang dilaksanakan di Hotel Puri Tani Martapura itu dihadiri oleh 30 orang perwakilan dari Lingkungan Masyarakat yang terdiri dari tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, swasta, organisasi kepemudaan, LSM dan pengelola akun Media Sosial di Kabupaten OKU Timur.

Selain Kepala BNN Kabupaten OKU Timur, hadir juga sebagai pemateri kegiatan tersebut Asisten I Pemkab OKU Timur Drs. Dwi Supriyanto, MM menyampaikan materi tentang Kebijakan Pemerintah Kabupaten OKU Timur dalam Rencana Aksi Nasional Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunahan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekusor Narkotika (P4GN), serta Ketua Ikatan Dokter Indonesia kabupaten OKU Timur dr. Sugihartono, MSc, menyampaikan Meteri tentang Permasalahan Narkoba dan Konseling Penderita.

Materi terakhir disampaikan oleh Kasi P2M BNN Kabupaten OKU Timur Citra, S.Psi. yang menyampaikan materi tentang Rencana Aksi Pencegahan dan Pemberdayaan BNNK OKU Timur Dalam Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunahaan Narkoba dan Peredaran gelap Narkoba (P4GN). (bw)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

fourteen − 13 =