Ketua KPU OKU Naning Wijaya, ST melantik Sekretaris dan staf sekretariat PPK se Kabupaten OKU

Ketua KPU OKU Melantik Sekretaris Dan Staf Sekretariat PPK Se Kabupaten OKU

OKU, beritakite.com – Sebanyak 39 orang yang terdiri dari 13 sekretaris dan 26 staf sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) tahun 2020 se Kabupaten OKU resmi dilantik, Jumat (13/3/2020).

Pelantikan 39 orang tersebut dipimpin langsung oleh Ketua KPU OKU Naning Wijaya, ST di Aula Hotel BIL Baturaja dan disaksikan oleh seluruh komisioner KPU OKU.

Hadir dalam acara pelantikan dan pembekalan itu Asisten 1 Setda OKU Slamet Riyadi, M.Si., Kabag Ops Polres OKU Kompol M. Ginting, Pasi Intel Kodim 0403/OKU Kapten Inf. Surasa, Kasi Intel Kejari OKU Abu Nawas, SH, Kepala Sekretariat Bawaslu OKU Jonaidi, S.IP, Kepala Kesbang Pol OKU Taufiq Zubir, SH, Kabag Tapem Monang Suryadinata
Ketua PPK se Kabupaten OKU dan 39 orang sekretariat PPK se Kabupaten OKU.

Ketua KPU OKU Naning Wijaya, ST., dalam sambutanya mengatakan bahwa setiap anggota sekretariat adalah Pegawai Negeri Sipil lingkup Kabupaten OKU yang mendapat rekomendasi bupati atas pengajuan yang dilakukan PPK, ASN yang dapat menjadi Sekretariat PPK paling rendah memiliki pangkat golongan II A.

“Kepada seluruh Ketua PPK agar segera mengajak seluruh anggota PPK untuk bersinergi dengan sekretariat, dengan menetapkan seluruh staf sekretariat untuk menyukseskan tahapan pilkada sesuai PKPU nomor 2 tahun 2020, karena tugas dan fungsi sekretariat adalah membantu kinerja PPK dalam pelaksanaan Pilkada mendatang,” ucap Naning.

Naning juga berharap agar Pilkada OKU dapat beralangsung tanpa persoalan seperti pada pemilu 2019 yang tanpa persoalan baik di MK maupun di Bawaslu

“Semoga suksesnya Pemilu 2019 menjadi semangat besar kita untuk menyukseskan Pilkada 2020 tanpa konflik dan tanpa persoalan, agar pilkada OKU tidak dibahas di Kemendagri dan Kemenpolhukam,” tegasnya.

Naning Wijaya menjelaskan bahwa target nasional partisipasi pemilih dalam piserentadalah 77%. Sedangkan pada pemilu 2019 yang lalu partisipasi pemilih di OKU adalah 83%, untuk itu Naning mengajak seluruh sekretariat yang dilantik untuk mempertahankan partisipasi pemilih tersebut.

“Untuk legitimasi pemimpin atau kepala daerah semoga partisipasi pemilih ini dapat kita pertahankan,” pungkas Naning.

Sementara itu Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis dalam sambutannya yang di wakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kab. OKU, Drs. Slamet Riyadi, M.Si mengatakan ditinjau dari aspek pembinaan kehidupan berdemokrasi, maka pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah secara langsung merupakan bagian integral dari perwujudan demokrasi politik di tingkat lokal dengan harapan akan terjadinya perubahan tatanan sosial politik di daerah agar semakin dewasa dan matang.

“Melalui Pemilukada diharapkan menghasilkan kepala daerah yang memang sesuai aspirasi masyarakat lokal dan mampu mengaktualisasikan kepentingan Pembangunan Daerah untuk semata-mata ditujukan bagi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerahnya,” ujar Slamet Riyadi.

Dengan dukungan dari berbagai pihak dalam berbagai dimensi pada setiap tahapan yang ditetapkan penyelenggara Pemilukada, dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) beserta PPK dan PPS termasuk dukungan sekretariat PPK yang menjalankan fungsi administratif untuk kesuksesan Pemilukada Kabupaten Ogan Komering Ulu tahun 2020 ini.

Pelaksanaan demokrasi sangat membutuhkan partisipasi masyarakat, bukan hanya saat melakukan pemungutan suara akan tetapi keseluruhan proses Pemilukada, memerlukan peran aktif publik guna menjamin Pemilukada dapat berjalan dengan lancar, sukses, tertib dan damai.

“Oleh karenanya saya menghimbau kepada sekretariat PPK Kabupaten Ogan Komering Ulu yang baru saja dilantik agar paham dengan baik semua aturan dan petunjuk teknis tugas pokok dan kaidah-kaidah Pemilukada, tumbuhkan tekad dan itikad untuk bersikap netral dan profesional, jalin koordinasi dan komunikasi dengan semua pihak yang terkait dengan penyelenggaraan Pemilukada sehingga tugas penting ini bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” ucap Asisten 1 membacakan sambutan bupati. (bw)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

seventeen + eleven =