Komunitas Jurnalis Berhijab, Berkarir dan Berkarya

Apa jadinya jika satu profesi bergabung dan berkumpul bersama ? pasti akan lebih menyenangkan! Itulah yang terjadi di Komunitas Jurnalis Berhijab, komunitas ini beranggotakan para jurnalis dan reporter muslimah yang menggunakan hijab.

“Awal terbentuknya Komunitas Jurnalis berhijab ini, pada tahun 2012 saat itu para muslimah berhijab sangat jarang yang berkerja di media, nah saat sedang liputan di lapangan gak sengaja ketemu sama jurnalis yang mengenakan hijab juga, tercetuslah ide untuk membuat komunitas jurnalis berhijab agar para jurnalis berhijab bisa kumpul bareng, saling nyemangatin dan mendukung passion kita,” Tutur Trifty Qurrota Aini salah satu anggota Komunitas Jurnalis Berhijab saat ditemui Muslimahdaily, dibilangan Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Saat ini Komunitas Jurnalis Berhijab sudah memiliki lebih dari 70 anggota, walaupun berasal dari berbagai media yang berbeda, anggota komunitas ini sangat kompak. Sebagai jurnalis pastinya setiap anggota mempunyai kesibukan masing – masing, namun bukan menjadi halangan bagi Komunitas ini untuk terus bersilaturahmi dengan mengadakan pertemuan antar anggota atau berkomunikasi melalui sosial media.

“Walaupun ditengah kesibukan kami sebagai seorang jurnalis dan reporter yang dituntut untuk fleksibel dan dinamis, Insya Allah kami selalu berusaha untuk saling berkomunikasi dan bersilaturahmi dengan anggota lainnya.” Ungkapnya.

Komunitas Jurnalis Berhijab juga sangat aktif mengadakan kegiatan – kegiatan seperti seminar, workshop, dan hal lainnya seputar dunia jurnalistik.

“Alhamdulillah, Komunitas Jurnalis Berhijab sering diundang untuk menjadi pembicara untuk sharing pengalaman seputar dunia jurnalistik, kami juga memiliki program Jurnalist Goes To School untuk datang kesekolah – sekolah melakukan pelatihan jurnalistik,” ujarnya.

“Belum lama ini kami melakukan kerja sama dengan Hijab School, untuk sharing tentang public speaking, tutorial hijab, dan pengalaman kami sebagai jurnalis,” lanjutnya.

Saat ini semakin banyak para muslimah yang tampil untuk membuktikan bahwa hijab adalah sebuah kewajiban untuk mengangkat harkat dan martabat seorang wanita, bukan merendahkan atau menghalangi untuk berkarya.

“Kami terus berharap dan berusaha agar kedepannya Komunitas Jurnalis Berhijab bisa senantiasa bermanfaat bagi sesama, dan bisa membuktikan bahwa muslimah dengan hijabnya akan terus dapat berkarya,” Harap Trifty.

“Selalu semangat, dengan menjadi jurnalis bisa menjadi cara mensyiarkan islam…! Apapun profesinya hijab adalah kewajiban yang bukan menjadi penghalang bagi muslimah untuk berkarir dan berkarya” (Vinna)

-Komunitas Jurnalis Berhijab-

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

fifteen + 9 =

Berita Populer

Terbaru