Kunjungi Nenek Rusani, KGB ACT Lahat Sampaikan Bantuan dari Lidya Wati Cik Ujang

LAHAT, Beritakite.com – Setelah mendapat informasi tentang konidisi memprihatinkan dari Nenek Rusani dari media sosial. Hari ini, Minggu (02/06/2019) tim KGB ACT Lahat langsung menyambangi kediamannya di Desa Tanjung Menang, Kecamatan Tanjung Tebat.

Selain melakukan assessment tim KGB ACT Lahat juga membawa bantuan dari istri orang nomor 1 di Kabupaten Lahat, Lidya Wati Cik Ujang. Bantuan yang diserahkan melalui KGB ACT Lahat tersebut sesuai dengan yang saat ini menjadi kebutuhan mendesak dari Nenek Rusani.

Nenek Rusani sendiri saat ini sidah berumur 90 tahunan. Beliau tinggal di bawah rumah yang sempit milik bersama cucu dan cicitnya yang tinggal di atasnya. Penerangan di rumah itu juga masih mengandalkan dari tetangga.

Anak dari Nenek Rusani sudah meninggal dunia,
Sekarang tinggal bersama cucu dan cicitnya. Di mana cucunya tersebut bekerja sebagai buruh tani.

Nenek Rusani mengalami sakit pembengkakan dan luka di hidung. Karena jarang dirawat secara medis, luka di bagian hidung Nenek Rusani semakin hari semakin memburuk. Karena kerap digaruk dengan jari/kuku yang kotor.

Nenek Rusani saat diperiksa Tim ACT

Menurut informasi yang di dapat, sakit yang dialami oleh Nenek Rusani kurang lebih sudah berjalan selama setahun. Dari kondisi ini, tim medis dari KGB ACT Lahat menjelaskan bahwa saat ini Nenek Rusani harus mendapat bantuan medis Rutin. Sementara hingga saat ini penanganan untuk luka Nenek Rusani hanya mengandalkan Posbindu Desa.

Helna Putri, selaku tim medis KGB ACT Lahat berharap sesegera mungkin ada tindakan untuk memeriksakan Nenek Rusani ke Rumah Sakit atau Puskesmas terdekat.

“Luka dari hidungnya sudah mulai bernanah. Ini diduga akibat sering digaruk sementara tangan dan kukunya kotor. Baiknya dalam waktu dekat diperiksakan ke Rumah Sakit atau Puskesmas agar diperiksakan secara intensif dan mendapat obat,” ujar Helna Putri. Minggu (02/06/2019).

Sebelum berpamitan, tim KGB ACT Lahat berkesempatan untuk membersihkan tangan dan memotong kuku Nenek Rusani.

Nenek Rusani juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada KGB ACT Lahat dan Bu Lidya Wati.

“Terime kasih. Sampaike juge terime kasih untuk Ibuk Bupati. Semuge murah rejeki. Aamiin,” ucap Nenek Rusani penuh haru.

Sementara itu Ibu Lidya Wati saat dikonfirmasi mengatakan bahwa memang dirinya belum berkesempatan hadir. Jadi menitipkan bantuan lewat KGB ACT Lahat.

“Saya juga mengimbau agar tim KGB ACT Lahat mengecek kondisi rumah Nenek Rusani. Jika memungkinkan dan memang tidak layak, TP PKK Lahat sudah berencana untuk program bedah rumah. Minimal setahun 2 kali.” Ujar Istri Bupati Lahat itu menjelaskan.(Aan)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

one × one =