Lahat Berpeluang Pecahkan Rekor Airterjun Terbanyak Se-Dunia

Oleh : M. Yanuar Anoseputra (Putra Daerah Lahat di Bangka Belitung)

Bangka Belitung – Tidak hanya Se-Indonesia, ternyata Kabupaten Lahat memiliki peluang untuk menjadi “Ibu Kota Air Terjun Dunia” dengan menjadi daerah pemilik airterjun terbanyak se-dunia.

Saat ini, Kota pemilik airterjun terbanyak di dunia adalah Kota Hamilton di Provinsi Ontario Kanada. Sampai-sampai dijuluki sebagai “ibukota airterjun dunia”. (Sumber : merdeka.com)

Dilansir oleh Cityofwaterfalls dikutip oleh m.liputan6.com, setidaknya ada 100 airterjun di Hamilton yang sudah ditemukan dan diberi nama. Hingga saat ini, diperkirakan masih ada airterjun yang belum terdata. Banyak yang meyakini jumlahnya mencapai 130, ada pula yang percaya airterjun di Hamilton berjumlah 150 di Kota seluas 1.138 kilometer persegi ini. Dengan airterjun sebanyak ini, Hamilton dijuluki oleh situs ulasan wisata Amusing Planet sebagai “ibukota airterjun dunia”.

Hamilton memiliki airterjun terbanyak ini karena berdekatan dengan sumber airterjun raksasa Niagara. Menurut wisatawan yang dikutip merdeka.com menyebutkan bahwa airterjun terindah di sana adalah Webster dengan ketinggian 41 meter, Albion, Tew’s, Tiffany, dan yang terpendek Little Davis Falls dengan ketinggian 3 meter saja.

Awalnya, penduduk Hamilton tidak menyadari bahwa kota mereka dianugerahi pesona alam airterjun. Kemudian seorang warga setempat bernama Chris Ecklund mendata airterjun di sana. Menyadari airterjun dapat menjadi atraksi wisata, Ecklun kemudian mendirikan organisasi City of Waterfalls. Organisasi ini kemudian mengelola situs cityofwaterfalls yang mempopulerkan Hamilton sebagai ibukota airterjun dunia. (Sumber : m.liputan6.com)

Melihat fakta ini, Kabupaten Lahat yang sekarang sudah terdata 144 airterjun oleh organisasi Panoramic of Lahat memiliki peluang yang sangat besar untuk menggeser Hamilton sebagai ibukota airterjun dunia. Seperti yang dikatakan Mario Andramartik, Ketua Panoramic of Lahat ketika postingan airterjun baru, mengatakan bahwa di Lahat saat ini memiliki lebih dari 144 airterjun.

Begitupun dengan yang disampaikan Bayu Kamil, seorang anggota Panoramic of Lahat juga menjelaskan bahwa masih banyak airterjun yang belum di data, seperti di Tanjung Sakti, namun lokasinya sangat jauh dan harus camping.

Ditambah dengan airterjun di lintasan bukit Pseksu, yang bisa kita lihat di Youtube dalam eksplorasi Pegunungan Gumay mereka start dari Desa Sukajadi Kecamatan Pseksu. Kelompok pecinta alam itu merekam dalam video mereka melewati beberapa airterjun di sana. Dalam video itu, mereka harus camping di hutan selama beberapa hari dan mengakhiri ekspedisi di Desa Sukabumi Kecamatan Pajar Bulan Kabupaten Lahat. Belum lagi airterjun di Kikim Selatan juga ada beberapa di Desa Pagar jati dan Pulau Beringin.

Artinya, jika Kabupaten Lahat bisa memiliki data airterjun lebih dari 160 airterjun saja, maka Kabupaten Lahat berhak dijuluki “Ibukota Airterjun Dunia”. Mengingat Kota Hamilton disebut memiliki 100 airterjun yang sudah didata dan diberi nama, dan diyakini jumlahnya mencapai 150-an airterjun.

Editor : BW

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

2 × two =

Berita Populer