Lakukan Pengawasaan Ketersedian Pangan

LAHAT, Beritakite.com – Ditengah merebaknya virus corana atau covid 19, kekhawatiran akan adanya oknum yang memanfaatkan situasi bisa saja terjadi seperti melakukan penimbunan bahan pangan. Mencegah hal itu terjadi, Pemkab Lahat, bersama Forkompindah Lahat, akan melakukan pengawasan termasuk kenaikkan harga pangan.

Hal tersebut terungkap saat rapat koordinasi terkait penyebaran virus corona yang digelar di ruang opproom Pemkab Lahat, Senin (23/3). Dalam rapat tersebut, juga dibahas masalah ketersedian pangan dan upaya pencegahan. Bupati Lahat, Cik Ujang SH, menegaskan agar tidak ada penimbunan pangan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Menurutnya, penimbunan bisa berdampak kepada minimnya ketersedian pangan.

“Jangan memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan. Pastikan tak ada yang menimbun sembako, dan bila ada kenaikan harga jangan sampai tinggi,”tegas Cik Ujang, dihadapan peserta rapat yang turut dihadiri para kepala SKPD. Cik Ujang meminta seperti Dinas Perdangan terus melakukan pengecekan harga di lapangan.

Sementara Kepala Cabang Bulog Lahat, Hermain Indra Pohan mengungkapkan bahwa untuk stok beras saat ini aman. Pihaknya memiliki stok beras sebanyak 700 ton dalam bulan Maret 2020. Apabila kekurangan maka Bulog Lahat akan menyediakan kembali dengan meminta ke Bulog Provinsi. “Untuk stok di Bulog Lahat masih mencukupi, namun apabila nantinya kekurangan, dari provinsi bakal dilakukan pengiriman kembali agar stok beras di Lahat terpenuhi,”terangnya. Lalu untuk minyak goreng 1000 liter, kemudian 2000 kg tepung terigu.

Ketua DPRD Lahat, Fitrizal Homizi, meminta agar warga tidak panik hingga melakukan penimbunan sembako. “Kita harap masyarakat tetap tenang namun tetap waspada,” ungkapnya. (sr)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

6 + 4 =