Luar Biasa, Terkonfirmasi Positif Covid-19, Para Tenaga Medis Ini Memutuskan Tetap Bertugas Di RS Darurat Covid-19 Hotel Baturaja

OKU, beritakite.com – Kasus bertambahnya konfirmasi positif Covid-19 sebanyak15 orang yang terjadi di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menyisakan cerita tersendiri bagi tenaga medis yang bertugas merawat pasien konfirmasi positif Covid-19 di Hotel Baturaja yang dijadikan rumah sakit darurat Covid-19 Kabuapten OKU.

Dari 15 konfirmasi positif tersebut 6 orang diantaranya adalah tenaga medis yang selama ini bertugas merawat pasien positif Covid-19 di Hotel Baturaja, para tenaga medis tersebut sejatinya akan segera mengakhiri masa tugas mereka di hotel Baturaja dan akan digantikan oleh tim medis lain untuk merawat pasien positif Covid-19 di RS Darurat Covid-19 tersebut.

“Benar 6 orang konfirmasi positif adalah tenaga medis kita yang selama ini bertugas merawat pasien di Hotel Baturaja, mereka sebenarnya akan segera berakhir masa tugasnya di hotel Baturaja, dan di gantikan tim lain, namun sebelum mereka mengakhiri masa tugas merawat pasien positif Covid-19, kita lakukan pengecekan swab mereka untuk memastikan mereka dalam kondisi sehat saat kembali ke keluarga mereka,” ujar Hadi Sukanto Juru Bicara RSUD Ibnu Sutowo Baturaja pada saat konferensi pres Satgas Covid-19 Kabuapten OKU di Gedung SKB Baturaja, Kamis (13/5/2020).

Namun apa hendak dikata ternyata hasil swab test para tenaga medis yang diambil tanggal 5 Mei 2020 tersebut ternyata menyatakan mereka terkonfirmasi positif Covid-19.

Menurut Hadi Sukanto sebenarnya tenaga medis yang dilakukan swab test pada 5 Mei 2020 ada 7 orang namun yang 1 orang dinyatakan negatif.

“Berdasarkan hasil musyawarah antara manajemen RSUD Ibnu Sutowo dan para tenaga medis terkonfirmasi positif tersebut, mereka (para tenaga medis) memutuskan untuk tetap bertugas di Hotel Baturaja dan belum di gantikan tim lain, sambil menunggu hasil swab test selanjutnya yang rencanaya akan dilakukan besok (Jum’at, 15/5/2020),” sambung Hadi.

Hadi menjelaskan bahwa saat ini pihaknya tengah menelusuri dan menggali informasi terkit petugas medis yang terkonfirmasi positif tersebut.

“Kalau APD cukup, sedang kita telusuri apa penyebab kawan-kawan tenaga medis ini tertular, apakah karena ada pelanggaran kepatuhan terhadap protokol Covid-19 atau sebab lainnya,” jelasnya.

Hadi Sukanto juga menyampaikan bahwa saat ini masih ada 6 tenaga medis yang bertugas di Hotel Baturaja yang telah diambil sampel swab nya pada 8 Mei 2020 lalu, dan saat ini tengah ditunggu hasil swab test tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Hadi Sukanto juga meminta masyarakat untuk tidak panik dan tetap menjaga kesehatan serta terus mematuhi himbauan pemerintah terkait protokol kesehatan.

“Terkonfirmasi positif Covid-19 ini bukanlah aib, mari sama-sama kita berupaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini,” pungkas Hadi. (bw)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

15 + three =

Berita Populer