Mahasiswa Berbagai Kampus Akan Ikuti DM1 KAMMI Kabupaten Lahat

beritakite.com , Lahat – Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Kabupaten Lahat kembali mengadakan Leadership Training tingkat 1 atau biasa disebut Dauroh Marhalah (DM) 1 di Kabupaten Lahat.

Kegiatan ini akan dilaksanakan Sabtu- Minggu pada 26- 27 Oktober 2019 di SMP IT Ikhlas Cendekia Lahat. Adapun pesertanya adalah mahasiswa dari berbagai kampus baik di Lahat maupun luar daerah.

” Pesertanya dari STIE Serelo, STIT, AKN dan dari Lubuk Linggau. Persiapan alhamdulillah sudah matang,” jelas Dedi Ariyanto Ketua Umum KAMMI Kabupaten Lahat yang merupakan mahasiswa STIT YPI Lahat.

Dedi menambahkan bahwa ini adalah DM1 yang kesekian kalinya di Lahat. Banyak alumni KAMMI Lahat khususnya sekarang yang sudah bekerja mulai dari BUMN, ASN, swasta, dan lain sebagainya. “KAMMI bukan hanya membentuk aktivis untuk menjadi politisi. Tetapi KAMMI membentuk banyak kader dari berbagai bidang profesi. Hal ini yang nanti akan kami targetkan dengan KAMMI Berdiaspora pada tahun 2035,” terangnya.

KAMMI sendiri sebagai organisasi kemahasiswaan yang muda, diakui menjadi sebagai organisasi mahasiswa ekstra kampus yang memiliki tempat sangat terhormat pada peristiwa Reformasi 1998. Ketika baru berdiri di kampus Universitas Muhammadiyah Malang 29 Maret 1998, sebagai dampak dari bentuk keprihatinan yang mendalam terkait krisis nasional. Maka sekelompok mahasiswa saat itu mendeklarasikan Kelompok Aksi bernama KAMMI yang diketuai oleh Fahri Hamzah dan Sekjendnya Haryo Setyoko.

KAMMI sebagai organisasi baru ketika itu terkenal dengan jumlah massa yang sangat banyak. Dalam waktu singkat hanya dua minggu setelah deklarasi, KAMMI mengadakan Rapat Akbar Mahasiswa dan Rakyat di Lapangan Masjid Al Azhar Jakarta dengan membawa 20.000 massa. Hal ini kemudian menjadikan gerakan mahasiswa yang saat itu mulai lesu lalu semangat lagi untuk melanjutkan agenda reformasi.

Amin Hamzah SPd mantan Ketua KAMMI Kabupaten Lahat menambahkan, ” meski masih muda, KAMMI sudah mampu melahirkan banyak alumni dari berbagai sektor. Mulai dari dunia politik baik eksekutif dan legislatif. Dalam dunia yudikatif, entrepreneur, praktisi pendidikan, dan lain sebagainya. KAMMI memiliki empat filosofi dalam gerakannya, yaitu Dakwah Tauhid, Intelektual Profetik, Sosial Independent dan Politik Ekstraparlementer,” tegasnya.

“Untuk di Sumatera Selatan, KAMMI ada di berbagai Kabupaten/Kota seperti Palembang, Muba, Musi Rawas, Lubuk Linggau, Muara Enim, Baturaja, Ogan Ilir dan Lahat. KAMMI berada di kampus-kampus seperti Unsri, Polsri, UIN, dan kampus lainnya di Sumsel. Banyak kader KAMMI yang menjadi Presiden Mahasiswa di Unsri dan kampus lain di Sumsel. Di Indonesia umumnya, banyak juga kader KAMMI yang menjadi Presiden Mahasiswa kampus-kampus terkemuka seperti UGM ada Atiatul Muqtadir, kampus ITB, dan banyak kampus PTN terkemuka lainnya. Di Lahat sendiri, kita sudah ada sejak 16 Juli 2016 dideklarasikan oleh beberapa alumni KAMMI yang kembali ke daerah Lahat saat itu, bang Yanuar alumni KAMMI UIN Raden Fatah, bang Yulizar alumni KAMMI Unsri, mbak Nanik alumni KAMMI Gazza Palembang, Ummi Sakdiyah alumni KAMMI Jogja. Alhamdulillah KAMMI tetap eksis di Lahat hingga hari ini dan banyak yang mau bergabung. Karena di Lahat, kita adalah organisasi kemahasiswaan pertama yang mendeklarasikan diri. Alumni KAMMI di Lahat juga sangat banyak dan mengisi pos-pos penting di Kabupaten Lahat khususnya. Mahasiswa, ayo gabung KAMMI. Kita berproses bersama, merajut ukhuwah, fastabiqul khoirot. Aksi Kuat, Ibadah taat, prestasi hebat. Jayakan Indonesia 2045,” pungkasnya.

(Sri)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

3 + 2 =

Berita Populer