Manfaatkan Sumpah Pemuda Dengan Gotong-Royong

Lahat, beritakite.com – Jajaran Pengurus Kecamatan (PK) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) se-Kabupaten Lahat terus menunjukkan komitmennya memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat. Salah satunya dengan berpartisipasi dalam kegiatan gotong-royong membangun rumah warga, sebagaimana dilakukan oleh PK KNPI Tanjung Sakti Pasemah Ulu Muara Ilir (Pumi), Senin (30/10).

“Ini sejalan dengan himbauan Ketua DPD KNPI Kabupaten Lahat, Bung Tanhar Effendi, dalam rapat konsolidasi beberapa waktu lalu. Dimana diharapkan jajaran KNPI terus membaur bersama masyarakat dan aktif memberikan kontribusinya dalam pelbagai kegiatan,” jelas Ketua PK KNPI Tanjung Sakti Pumi, Ahmad Kamil.

Tak hanya sekedar ingin meringankan beban. Melalui partisipasi ini, KNPI khususnya PK Tanjung Sakti Pumi, juga ingin memelihara semangat gotong-royong sebagai tradisi warisan leluhur yang kian tergerus di era individualisme globalisasi sekarang ini.

“Jadi kita ingin semangat kegotong-royongan ini dapat terus eksis. Karena ada banyak nilai positif dari tradisi ini, baik itu kebersamaan, persaudaraan mapun kekeluargaan. Nah, ini tanggungjawab kita semua sebagai generasi muda penerus bangsa,” camnya.

Lebih dari itu, partisipasi dalam kegiatan gotong-royong yang dilakukan PK KNPI Tanjung Sakti Pumi ini juga untuk memacu semangat para pemuda/i untuk terus mengisi Kemerdekaan Indonesia dengan kegiatan-kegiatan yang lebih positif, bersamaan dengan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda.

“Dimana, kita tidak ingin memperingati Hari Sumpah Pemuda ini sebatas seremonial tahunan belaka. Melainkan harus ditunjukkan dengan aksi nyata,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Kabupaten Lahat Tanhar Effendi mengapresiasi PK Tanjung Sakti Pumi yang terus menunjukkan partisipasi aktifnya dalam pelbagai kegiatan sosial kemasyarakatan. Yang demikian ini, menurutnya, perlu dicontoh oleh PK KNPI lainnya.

“Inilah yang saya maksudkan agar KNPI hendaknya senantiasa membaur bersama masyarakat. Jadi ada banyak cara untuk memberikan kontribusi, salah satunya melalui gotong-royong seperti dilakukan PK Tanjung Sakti Pumi,” ujar Tanhar.

(EA)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

four × one =

Berita Populer