Mario Andramatik : Megalith Enam Tiang di Desa Pajar Bulan Tanjung Sakti

Lahat, beritakite.com  – Kabupaten Lahat adalah daerah yang memiliki situs megalith terbanyak se – Indonesia. Salah satu komplek megalith nya adalah megalith enam tiang di Desa Pajar Bulan Kecamatan Tanjung Sakti PUMI Kabupaten Lahat.

Maryoto atau biasa dipanggil Mario Andramartik, Ketua Panoramic of Lahat bersama tim melakukan ekspedisi untuk melihat langsung keadaan situs ini pada 12 Agustus 2018 lalu.

Tim melakukan perjalanan dari Kota Lahat menuju lokasi dengan waktu lebih kurang 2 jam perjalanan darat roda empat.

Ketika sampai di Desa Pajar Bulan Kecamatan Tanjung Sakti PUMI, tim kemudian turun di pinggir sebelah kanan bahu jalan. Lalu berjalan kaki melewati jalan setapak di belakang rumah warga.

Disekitaran kompleks ini, terdapat tempat Pemakaman warga Desa setempat. Diseberang pemakaman itulah lokasi megalith enam tiang.

Di sekeliling megalith, terdapat banyak tanaman ubi kayu seluang. Sesuai namanya, batu megalithnya ada enam buah. Tersusun rapi seperti tiang rumah membentuk persegi.

“Ini namanya Batu Megalith Enam Tiang. Ada enam batu. Kalo zaman dulu, ini seperti tempat persembahan leluhur, “jelas Mario Andramartik.

” Ini adalah satu dari banyak situs megalith di Kabupaten Lahat. Alhamdulillah kita sudah masuk rekor MURI sebagai daerah dengan situs Megalith terbanyak se – Indonesia, “ungkapnya.

(mhd)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

4 − one =

Berita Populer