Marwan dan Mario Hadir Nanggok Tebat Lempaung di Gedung Agung

Lahat, beritakite.com – Ada yang unik hari ini di Desa Gedung Agung Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat. Tepatnya di Tebat Lempaung. Masyarakat ramai-ramai memanen ikan sebelum Hari Raya Idul Adha ini. (19/08/2018)

Hadir dalam agenda ini adalah Marwan Mansyur wakil Bupati Kabupaten Lahat, Saidina Amin Kabid Objek Wisata Dispar Kabupaten Lahat, Mario Andramartik (Maryoto) selaku tokoh pariwisata dan budaya Lahat, serta ribuan masyarakat sekitar yang ikut menangkap ikan.

Kegiatan ini biasa disebut Nanggok Tebat Lempaung atau juga Nanggok Tebat Besame. Luas tebat adalah 3 ha, dan di dalamnya terdapat berbagai jenis ikan seperti mas, patin dan nila. Menurut keterangan Lukman, Ketua BPD Desa Gedung Agung, kegiatan ini diadakan 2 tahun sekali.

“Luas tebat 3 ha. Ada ikan mas, patin dan nila. Peserta nangguk ikan harini 5.000 peserta dan kegiatan ini diadakan 2 tahun sekali, “jelasnya.

Sementara itu, Marwan Mansyur mengatakan,” saya kesini 1,4 tahun lalu untuk tebar bibit 10.000 ikan, dan sekarang hadir untuk melihat panen atau nangguk ikan besame.

Disisi lain, Maryoto atau biasa dipanggil Mario Andramartik menjelaskan bahwa agenda seperti ini bisa menjadi pariwisata. “Kegiatan ini bisa menjadi event pariwisata. Ini adalah sebuah hal yang unik, karena masyarakat beramai-ramai nangguk (menangkap) ikan bersama. Kearifan lokal, kebersamaan, gotong royong dan persatuan bisa terjaga di sini,”jelasnya.

Kemudian, Rahmat sebagai Kades Gedung Agung Kecamatan Merapi Timur mengaku senang atas kehadiran Marwan Mansyur dan beberapa tokoh lainnya.

“Saya sangat senang dengan kehadiran pak Wakil Bupati Marwan Mansyur, Saidina Amin dan tokoh lainnya di desa kami. Kegiatan ini kami adakan dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke – 73,”ungkapnya.

ibu-ibu nampak bahagia setelah mendapatkan satu ikan ukuran jumbo di nanggok ikan tebat lempaung

(mhd)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

19 − 14 =

Berita Populer