Megalit Lahat Menuju Cagar Budaya

LAHAT, Beritakite.com – Dikenal dengan sebutan Negeri Seribu Megalit, lantaran memiliki banyak megalit bahkan tercatat sebagai pemegang rekor MURI sebagai Kabupaten pemilik magalit terbanyak di Indonesia. Tak hanya banyak, megalit di Lahat juga memiliki nilai sejarah. Sayangnya, hingga saat ini kebaradaan megalit di Lahat belum menjadi cagar budaya.

Hal ini pula yang kini diperjuangkan Pemkab Lahat. “Ya kita memiliki megalit yang sangat bagus, jumlahnya banyak, tersebar hampir disemua kecamatan. Tentu ini potensi bagi kita bagaiamana megalit ini berkembang dan menjadikan potensi ekonomi bagi warga. Nah, saat ini kita berjuang bagaimana megalit kita ini menjadi cagar budaya, “sampai Bupati Lahat, Cik Ujang, SH usai membuka dialog interaktif pelestarian cagar budaya penetapan objek diduga cagar budaya menjadi cagar budaya di Hotel Grand Zuri Lahat, Kamis (29/4/2021).

Pemkab Lahat sendiri tambahnya sudah membentuk tim ahli cagar budaya. Dengan adanya tim tersebut, terangnya bisa mengkaji dan memutuskan apakah megalit megalit yang ada di Lahat masuk ke dalam cagar budaya. “Megalit ini harta yang kita miliki dan tak akan habis. Makanya kedepan kita akan berusaha kembangkan dan promosikan, “tambahnya.

Sementara, dalam dialog tersebut selain dihadiri perwakilan dari Kabupaten lain di Sumsel menghadirkan Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Judi Wahjudin, S.S, M Hum. Kemudian Ketua Tim Ahli Budaya Cagar Budaya Nasional, Dr Junus Satrio Atmodjo, Kepala Balai Arkeologi Sumsel, Drs Budi Wiyana dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lahat, Drs Suhirdin, MM. Sementara moderator dipandu staf khusus bupati Lahat, Mario Andromartik.

Dalam dialog terungkap bagaimana harus adanya kesungguhan semua pihak dalam menjaga dan meleatarikan peninggalan. “Meski ini tidak mudah namun jika kita kompak dan kerja keras megalit bisa jadi cagar budaya, “tegas Suhirdin.

Ditambahkan Suhirdin, kedepan megalit megalit akan dikembangkan sehingga tidak saja menjadi benda bersejarah namun juga bisa bernilai dan meningkatkan perekonomian warga dan menjadikannya objek wisata.(sr)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

18 − two =