Melalui KKM, Mahasiswa STEI al-Ishlah Siap Jadi Pelopor Pembangunan Daerah

 

Cirebon, beritakite.com – Sebanyak 108 Mahasiswa Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Al Ishlah akan mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon pada Juli bulan ini. Dipilihnya Kecamatan Ciledug karena memang untuk membantu pemerintah daerah guna meningkatkan IPM, khususnya di bidang Ekonomi. Para Mahasiswa ini akan disebar ke sepuluh desa yang ada di kecamatan Ciledug.

Menurut Ketua KKM STEI Al Ishlah, Oon Konaah, Dipilihnya lokasi tersebut khususnya selain berpartisipasi untuk meningkatkan IPM daerah tersebut khususnya bidang ekonomi juga turut untuk mempersiapkan menyongsong menjadi wilayah Industri saat dibukanya daerah tersebut sebagai kawasan Industri.

Output dari KKM STEI Al Ishlah 2017 ini diantaranya; Tersosialisasikannya sistem ekonomi syariah dan penguatan lembaga ekonomi masyarakat di 10 Desa tersebut, utamanya Bumdes. Serta terinventarisirnya data potensi desa tersebut untuk pengembangan wilayah Cirebon Timur.

Model KKM STEI Al Ishlah ini diharapkan menjadi konsep yang dapat diterapkan di lokasi desa lain jika diperlukan. Tentunya dengan bersinergi beberapa pihak, diantaranya dengan pemerintah daerah yakni Dinas Koperasi & UMKM, Disperindag dan dinas terkait lainnya.

Program KKM STEI Al Ishlah 2017 ini juga telah mendapat dukungan Positif dan kerjasama program dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank indonesia (BI) Wilayah Cirebon serta mitra lainnya.

STEI Al Ishlah memiliki misi menciptakan agen pembangunan daerah bidang ekonomi berbasis kearipan lokal, menjadikan KKM sebagai langkah awal tercapainya misi tersebut.

Camat Ciledug, Drs. Solihin, MM, menyambut dengan antusias kegiatan KKM STEI Al Ishlah yang menitikberatkan di bidang ekonomi. Mengingat bidang tersebut sangat relevan dengan 10 desa di wilayahnya. Bahkan Camat mengharapkan hasil dari KKM dapat beroperasioalnya Bumdes di 10 desa tersebut. Yakni desa Bojongnegara, Ciledug Tengah, Ciledug Wetan, Ciledug Lor, Jatiseeng, Jatiseeng Kidul, Tenjomaya, Damarguna, Leuweunggajah, dan Ciledug Kulon. (Icha)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

5 × five =

Berita Populer