Meski Belum Terjadi, Bupati Lahat Telah Bersiap Diri

Foto: Pertemuan pembahasan TKA dan Antisipasi Virus Corona di Ruang OF Room Pemkab Lahat.

LAHAT, Beritakite.com – Sebelum masuknya virus Corona di Indonesia, Bupati Lahat Cik Ujang, SH telah mengintruksikan kepada Dinas Kesehatan dan RSUD Kabupaten Lahat menstok Masker dan membenahi fisilitas pelayanan di RSUD Lahat. Hal itu disampaikannya pada pertemuan pembahasan rakor tim pengawasan orang asing (Timpora) tahun 2020 dan pengawasan virus Corona Jumat (6/3) di of Room Pemkab Lahat.

“Sebagai bentuk antisipasi virus Corona ini, Jauh-jauh hari saya sudah intruksikan kepada instansi terkait untuk dapat menstok masker dan membenahi perlatan, ruang isolasi juga pengaman diri bagi tim medis sebagai salah satu bentuk antisipasi pemerintah jika ini terjadi di kabupaten”,Jelasnya.

Selain antisipasi, disini juga ia meminta kepada pihak imigrasi unik dapat menjalin komunikasi dan koordinasi masuk dan keluarnya Tenaga Kerja Asing (TKA) di Kabupaten Lahat menggunakan visa kerja dan wisata agar di Ketahui bersama keberadaan dan tujuan di Kabupaten Lahat.
“Ini juga sangat perlu. Dari hasil laporan Disnakertrans, POLPP dan Kantor PTKSP ada perusahan di Lahat saat dimintai keterangan, tenaga asingnya langsung berlari menghindari kami. Ini tentunya butuh kerjasama semua pihak”,Jelasnya.

Sementara Kepla Kantor Imigrasi Kelas II Muara Enim Joni Harta memaparkan, TKA dapat dikatakan legal jika memiliki Paspor, visa dan tanda masuk dari Tim temtat Pemeriksa Imigrasi (TPI). “Na’ ini yang harus dipahami bersama. Ada PTpai dan visa namun tidak memilik bukti dari TPI itu TKA Elegal”,Tegasnya.

Bagi TKA masuk ke negara indonesia menggunakan visa wisata namun di manfaatkan mencari kerja atau telah ada tempat bekerja jelas-jelas menyalahi dan elegal. “Jika ini terjadi di Kabupaten Lahat segera lapor kepada kami dan segera akan Kami tindak lanjuti meski personel cukup terbatas dengan wilayah cukup luas”,Jelasnya.

Berkaitan antisipasi penyebaran virus Corona, Imigrasi telah memutus sementara TKA masuk Indonesia. “Ya, sejauh ini baru Negara Tiongkok diputus sementara visanya”,Pungkasnya.(Om Cimeks)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

nineteen + four =

Berita Populer

Terbaru