Milenial Bergeraklah Kawal Dana Di Desamu

Oleh : Tri Susilo, S.H., M.Hum
Ketua STISIP Bina Marta Martapura

 

Dalam Permendes PDTT Nomor 11 tahun 2019 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020 penggunaan dana desa diprioritaskan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan di bidang Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Prioritas penggunaan Dana Desa harus memberikan manfaat sebesar- besarnya bagi masyarakat Desa berupa:
1. Peningkatan kualitas hidup;
2. Peningkatan kesejahteraan;
3. Penanggulangan kemiskinan; dan
4. Peningkatan pelayanan publik

Untuk Kabupaten OKU Timur pada tahun 2020 ada 305 desa yang mendapatkan dana tersebut, dimana tiap desa mendapatkan dana desa sebesar Rp 662.806.000 total yang diterima oleh OKU Timur adalah Rp 202.155.830, ini adalah angka yang tidak sedikit, jika dana desa tersebut dimanfaatkan sesuai alokasinya, maka kesejahteraan seluruh masyarakat OKU Timur bukanlah hanya sekedar mimpi.

Agar kemanfaatan dana desa tersebut tepat sasaran dan tidak disalahgunakan, (mengingat selain dana desa banyak bentuk/jenis bantuan dari pusat yang juga menjadi prioritas pemeritah pusat), maka setiap masyarkat desa harus aktif dan reaktif terhadap pembangunan desanya, dan meminta keterbukaan terhadap penggunaan dana desa.

Mari masyarakat semuanya, wahai para pemuda milenial harus berani bergerak lakukan sekecil apapun untuk pembangunan desamu, pantau dan lamporkan setiap penyimpangan dana desa telepon Satgas dana desa di nomor 1500040. itu adalah hak yang langsung utuk masyrakat desa.

Kepada kepala desa juga beranilah jujur dan transparan dalam penggunaan dana desa. Kepada masyarakat OKU Timur terkhusus kaum milenial, mari bersama-sama kita awasi penggunaan dana desa, karena mengingat penyimpangan dana desa bukan hanya karena ada kesempatan, melainkan juga kurangnya pengawasan.

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

4 × 2 =

Berita Populer