Ormas LPC Lakukan Fogging dan Bagikan Air Bersih Di Dua Desa

LAHAT, beritakite.com – Dua desa Senabing dan Desa Keban hari ini Minggu (17/11) di selimuti kabut asap. Namun asap pekat itu bukan berasal dari pembakaran lahan melainkan dari mesin Fogging yang di semprotkan Tim Dinas Kesehatan bersama Laskar Pemuda Cahaya (LPC).

Kegiatan tersebut di laksanakan sebagai upaya pencegahan dan menghindari terserangnya warga kedua desa dari Demam Berdara Dengau (DBD), serta mencegah berkembang biaknya nyamuk Aedes aegypti.

Sebanyak 4 mesin Fogging di siapkan untuk di semprotkan di pekarangan warga dan selokan, serta di kandang hewan milik kedua desa. Usai melaksanakan Fogging dan Bagikan Air Bersih di Desa Senabing selanjutnya, tim langsung berpindah ke Desa Keban yang lokasinya tidak berjauhan.

Pembagian air bersih gratis

PJS Kepala Desa Senabing, Marya Lely, Am.Keb. Mengungkapkan rasa terimakasihnya atas kegiatan ini, ia pun meminta agar LPC kedepannya tetap konsisten di kegiatan sosial.

“Ini adalah upaya yang kami lakukan untuk mencegah dampak dari berkembangnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), diwilayah desa kami ini,” ungkapnya

Lanjutnya, Marya Lely kebetulan juga menjabat sebagai Bidan Desa ini paham betul apa yang di butuhkan warganya. Tidak hanya itu saja ia pun menceritakan kondisi warganya yang saat ini di landa kekeringan dampak dari kemarau panjang terjadi saat ini.

“Bayangkan saja 953 jiwa warga Desa Senabing ini menggantungkan dengan hanya air sumur bor yang cuma ada 2 titik, namun yang satu tidak dapat dimanfaatkan secara optimal, dengan adanya kegitan ini saya dan warga merasa sangat terbantu,” terangnya.

PJS Kepala Desa Keban, Abdul Somad.SH menyampaikan rasa terimakasih kepada LPC yang telah membantu desanya dalam upaya pencegahan penyakit DBD yang dinilai rawan menyerah anak-anak maupun orang dewasa pada kondisi saat ini.

“Sekarang ini banyak genangan air yang hampir kering di selokan, nah itu dapat menyebabkan timbulnya jentik nyamuk. Rasanya cukup tepat jika hari ini LPC melaksanakan penyemprotan Fogging di desa kami, memang ini sudah lami kami tunggu kegiatan ini,” terang Abdul Somad.

Selain melaksanakan Fogging, LPC juga menyalurkan bantuan air bersih kepada Desa Senabing yang juga di landa kekeringan akibat kemarau panjang. Sebanyak 6 tedmon penampung air bersih di salurkan kepada Desa Senabing dan juga Desa Keban.

“Lebih dari 1000 jiwa warga desa kami ini yang tiap harinya membutuhkan pasokan air bersih. Sumur bor ada, namun jika musim kemarau seperti ini sumur bor tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan warga desa, sekali lagi kegiatan ini sangat membantu desa kami,” ujarnya.

Sementara, Dadang Sumarlan, mengatakan bahwa, kegiatan seperti ini akan terus di galakan, karena kegiatan sosial ini menurutnya tepat dan sangat bermanfaat bagi warga Lahat.

“Mereka butuh air, jadi kita coba salurkan bantuan air bersih, mereka khawatir dengan penyakit DBD kita lakukan Fogging agar terhindar dari DBD, kami selalu mendengarkan keluhan masyarakat banyak, semoga kegiatan ini dapat kami terapkan di tempat lainnya juga,” kata Dadang.(SR)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

15 + fifteen =

Berita Populer

Berita Sumsel

iklan kpu