Pandemi Covid- 19 Ubah Budaya Hajatan di Lahat

LAHAT, Beritakite.com – Selain adanya himbauan untuk menunda pesta hajatan selama masa pandemi Covid 19, ada yang berbeda dari budaya hajatan di Kabupaten Lahat,  selama masa pandemi covid 19 berlangsung saat ini.  Jika selama ini warga yang menggelar hajatan dengan menggelar pesta saat ini hal itu dibatasi. Tak hanya itu,  jika awalnya para tamu undangan yang hadir akan mengikuti rangakaian acara dari awal hingga berakhirnya acara,  kini tuan rumah menerapkan open house dimana tamu undangan hanya datang,  mengucapkan selamat,  menyantap makanan yang disajikan kemudian langsung pulang.

Hal itu sebenarnya diberatkan warga terlebih belum terbiasa.  “Sebenarnya terasa ada yang kurang dan berbeda.  Namun,  kita harus memaklumi karena saat ini ,sedang kondisi covid 19. Tapi open house yang diterapkan tak mengurangi hikmat dari pernikahan kami,”ujar Ganda dan Evi,  warga Lahat,  yang belum lama ini menikah dan menggelar open house diacara pernikahannya.

Selain hanya open house,  saat ini warga Lahat,  yang menggelar hajatan hanya mengundang keluarga dan tetangga terdekat.  Sehingga,  hajatan yang digelar tidak terlalu ramai dan mudah mengontrol protokol kesehatan.  “Untuk saat ini itu lebih baik.  Selain upaya memerangi juga untuk mencegah penyebaran covid 19 baik kepada tamu maupun tuan rumah hajatan, “ujar Ghulam, warga Lahat, Kamis (19/11) saat diminta pendapatnya terkait hajatan open house selama pandemi covid 19.

Sebelumnya,  wakil Bupati Lahat,  Haryanto,  SE MM,  mengimbau warga di kabupaten Lahat,  agar menunda dan meniadakan pesta hajatan selama covid 19. Sementara tuk hajatan sendiri seperti pernikahan harus menerapkan protokol kesehatan.  Pemkab sendiri melalui Sat POL PP Lahat sendiri memantau semua kegiatan hajatan.  (Sr)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

8 + sixteen =

Berita Populer

Berita Sumsel

iklan kpu