Panwaslu Gelar Bimtek Pengawasan

Lahat, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Lahat menggelar bimbingan teknis (bimtek) tentang penindakan pelanggaran kampanye pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2018 di daerah itu.

“Bimtek masalah penindakan pelanggaran khusus pidana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada),” kata Ketua Panwaslu Kabupaten Lahat, Saptasa Adrian SE, Rabu (21/2).

Ia mengatakan, pihak yang memberikan materi dalam bimtek penindakan pelanggaran pilkada ini dari Panwas Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Bimtek yang digelar tersebut diikuti oleh  Panwascam tingkat kecamatan se Kabupaten Lahat.

Ia mengatakan, bimtek ini mengajarkan kepada Panwascam saat menemukan indikasi pelanggaran pidana Pilkada agar segera melaporkan kepada gabungan penegakan hukum terpadu (Gakumdu).

“Dengan syarat memiliki bukti awal yang ada untuk dilaporkan kepada Gakumdu agar dapat ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian setempat,”jelasnya.

Sejumlah pelanggaran pidana Pilkada itu, sebutnya, seperti politik uang, kampanye hitam dan penggunakan kendaraan dinas pemerintah untuk kampanye.

Ia berharap tidak hanya Panwascam tetapi masyarakat juga berperan melaporkan pelanggaran yang mereka temukan dengan alat bukti harus cukup.

“Kita butuh bukti awal untuk menindaklanjuti masalah pelanggaran Pilkada,” ujarnya. (VW)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

seventeen − 4 =

Berita Populer