Pasar Senen Jakarta Kebakaran, 1000 Kios Ludes

Beritakite.com, Jakarta – Kamis 19/01/17 pukul 4 dini hari hingga saat ini. Api belum juga padam, sekitar 1012 dari sekitar 3000 kios digedung blok 1 dan 2 dari lantai 1 s/d 4 ludes terbakar hingga belakang gedung, kerugian ditaksir mencapai ratusan milyaran rupiah.

Penyebab kebakaran hingga kini belum dapat diketahui,ada yang berpraduga karena unsur kesengajaan ada juga berpraduga karena hubungan pendek arus listrik. Pemerintah dan aparat ” 500an personil kepolisian dari polres Jakarta Pusat dan polda juga sabara terus berusaha melakukan langkah-langkah  pemadaman dan pengamanan, tidak kurang 62 unit mobil kebakaran dikerahkan. M. Zakaria Kasi Pengendali Dinas Penanggulangan Bencana menyampaikan beberapa kendala saat ini adalah kesulitan ketersediaan air, dan menjangkau lorong-lorong sempit kios-kios untuk dilakukan pemadaman api. Asap hitam membumbung mengganggu jarak pandang, jalur kendaraan sekitar senin mengalami kemacetan, rel kereta api ditutup, trans jakarta juga sempat ditutup, PLT Gub DKI Jakarta Sumarsono mmeninjau dan memberikan arahan hal relokasi para pedagang, penanganan bantuan. ” Dapur umum,kesehatan,dan lainnya 24 jam.

Manggara Pardede walikota Jakarta pusat mengatakan akan menjadi evaluasi kedepan terkait pengetatan izin ” kelayakan fungsi bangunan, instalasi listrik dan jalur pemadam kebakaran, keluhan pedagang kesulitan untuk mengevakuasi barang karena dilarang oleh aparat atau petugas.

( Sekilas info nasib pasar senin, pasar yang sudah ada sejak tahun 1735 tepatnya mulai dibangun 30 Agustus 1735 atau 182 tahun yang lalu oleh Chornelis Chasnelein,tahun 1974 Tragedi Malari pasar senen ini sempat terbakar tahun 2015 lalu juga saat ini 19/01/2017 kembali terbakar ).

” Wallahuaklam. Semoga para pedagang yang tertimpa musibah ini senantiasa diberi kesabaran dan pemerintah segera dapat melakukan langkah-langkah solutif atas musibah ini ” ujar Tubagus Muh.AS, S.Pd.I salah satu pedatang dari luar Kota

Jum’at, (20/01/2017). ( Icha )

Fotografer : Tubagus

 

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

14 + twenty =

Berita Populer

Berita Sumsel

iklan kpu