Peduli Pembangunan, LSM Bongkar OKU Monitor Pembangunan Jalan Provinsi Di Tiga Kabupaten

OKU, beritakite.com – Proses pembangunan yang dilakukan pemerintah membutuhkan peran serta seluruh elemen masyarakat agar pembangunan tersebut hasilnya dapat dirasakan masyarakat dan berdampak bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu elemen masyarakat di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) yang turut serta mengawal proses pembangunan adalah Lembaga Pemantau Pengadaan Barang/Jasa “BONGKAR” OKU (LPPBJ “BONGKAR” OKU).

LPPBJ “BONGKAR” OKU adalah salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat di Kabupaten OKU yang konsen terhadap pembangunan Kabupaten OKU khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Syaiful Amin,SH sebagai Ketua LPPBJ “BONGKAR” OKU menyatakan bahwa lembaganya lingkup tugasnya meliputi memantau/monitoring proses lelang/tender dan monitoring pelaksanaan pekerjaan fisik dilapangan.

Melihat proses pembangunan yang tengah dilaksanakan pemerintah saat ini, Syaiful merasa terpanggil untuk turut serta berperan aktif memantau dan memonitoring progres fisik pekerjaan pengaspalan/cor beton jalan provinsi yg ada di Kabupaten OKU, OKUS dan OKUT.

“Ini kita lakukan karena pekerjaan perbaikan dan peningkatan jalan provinsi di tiga Kabupaten tersebut menggunakan uang negara yang cukup besar,” jelas Syaiful saat di temui saat melakukan monitoring pembangunan Jalan Lintas Baturaja – Muaradua, Kamis (7/11/2019).

Selain itu menurut Syaiful Amin Gubernur Sumsel H.Herman Deru juga didalam beberapa kesempatan sudah meminta agar masyarakat berperan aktif dalam melakukan pengawasan pekerjaan perbaikan infrastruktur jalan provinsi yang tersebar di 17 Kabupaten/Kota se Sumatera Selatan, agar kualitas pekerjaan tetap terjaga.

Dalam perjalanan monitoring ini, LSM Bongkar menilai bahwa dari pengamatan ruas Jalan Gatot Subroto Baturaja OKU – Simpang Martapura OKUT masih ditemukan beberapa hal yang perlu segera diambil tindakan.

“Diantaranya pada Jembatan Desa Saung Naga/Desa Laya terdapat lobang-lobang besar dan aspal yang sudah terkelupas halini sangat mengganggu keamanan dan kenyamanan pengguna jalan. Kemudian di depan SMAN 3/Puyang Lesung Bintang Desa Laya Kecamatan Baturaja Barat sampai Desa Batuputih masih banyak ditemukan lobang lobang berdiameter besar serta aspal terkelupas. Sedangkan di daerah Kecamatan Sosoh Buay Rayap dan Kecamatan Lengkiti juga banyak terdapat lobang-lobang menganga serta beberapa box culvert yangg jebol,” jelas Syaiful.

Menurut Syaiful Amin penjelasan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Binamarga dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Selatan Ir. Darma Budhy, SH., MM melalui PPTK nya, Mahmud, ST, MM.saat di hubungi via telpon mengatakan, bahwa saat ini penyedia jasa/pemborong jalan provinsi ruas Baturaja – Simpang Martapura sedang mengerjakan perkerasan agregat dan pengaspalan di Desa Fajar Jaya Kecamatan Lengkiti Kabupaten OKU, diharapkan akhir bulan Desember 2019 ini nanti nya ruas jalan provinsi ini sudah selesai diaspal.

Selain memantau jalan provinsi ruas Baturaja – Simpang Martapura, Ketua LSM BONGKAR dan Rekan Memantau ruas jalan Simpang Martapura – Martapura serta ruas Simpang Batumarta – Unit 2 Martapura yg dananya merupakan Bantuan Provinsi (Bangub).

Dalam kesempatan tersebut Syaiful Amin juga mengatakan akan memantau sampai selesai pekerjaan perbaikan/peningkatan jalan provinsi di OKU RAYA tersebut.

“Jika kita temukan dugaan penyimpangan teknis maka akan kita laporkan kepada pihak yang berkompeten dan kepada Gubernur Sumsel,” pungkasnya. (bw)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

6 − two =

Berita Populer