Pelaku Pungutan Liar di Jalinsum Muratara Ditangkap

Pelaku Pungutan Liar di Jalinsum Muratara Ditangkap

Muratara (beritasumsel.id) – Aparat kepolisian kembali melakukan operasi sapu bersih Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Muratara. Kali ini, dua oknum pelaku Pungutan Liar (Pungli) yang kerap melakukan pemerasan terhadap sejumlah sopir truck pengguna Jalan berhasil dibekuk polisi tanpa perlawanan.

\r\n

Sudah tidak asing lagi sepanjang Jalinsum di Muratara sering kali dikeluhkan para pengguna jalan. Khususnya para sopir angkutan besar seperti truck maupun bus lintas Provinsi. Pasalnya di sepanjang jalur yang menghubungkan Provinsi Sumsel dengan Provinsi lain seperti Aceh, Padang, Medan, Riau dan Jambi ini, banyak didapati pelaku Pungli.

\r\n

“Kasihan banyak sopir maupun teman saya dari daerah lain mengeluh, jika lewat Muratara mereka selalu dipalaki oleh preman-preman disepanjang Jalinsum,” kata Yesi warga Kelurahan Lawang Agung, Kecamatan Rupit Muratara, kemarin (4/4).

\r\n

Beredarnya informasi penangkapan terhadap dua pelaku Pungli di Jalinsum Muratara, menjadi perbincangan hangat sejumlah kalangan. Warga mengaku sangat mendukung penindakan yang dilakukan oleh aparat kepolisian tersebut. Pasalnya, warga juga sudah merasa jengah karena para preman yang kerap melakukan Pungli membuat citra Kabupaten Muratara semakin mencekam.

\r\n

“Banyak sopir-sopir yang ngomong ngeluh kalau lewat Muratara. Kadang-kadang mereka sampai dikejar akibat tidak memberikan jatah preman,” katanya.

\r\n

Dengan ditangkapnya, para pelaku Pungli tersebut, warga berharap kondusifitas di wilayah Muratara kembali terbentuk. Sehingga mampu menopang pertumbuhan perekonomian masyarakat di wilayah Daerah Otonomi Baru (DOB) ini. Perbincangan penangkapan pelaku pungli juga ditanggapi positif pemerintah setempat. Hal ini dilontarkan langsung oleh Wakil Bupati Muratara H Devi Suhartoni.

\r\n

Menurutnya, percepatan pembangunan di wilayah Muratara tidak hanya dibangun oleh pemerintah semata. Tapi seluruh elemen masyarakat juga harus dilibatkan. Berdasarkan hasil perbincangannya dengan berbagai pihak, selain masalah infrastruktur dasar masalah kemanan paling disoroti masyarakat luar daerah.

\r\n

Muratara ini harus kondusif, warga jangan melakukan Pungli atau meminta-minta dijalan. Kalau wilayah kita tidak aman otomatis orang dari luar tidak mau masuk ke Muratara,” timpalnya.

\r\n

Sementara itu, Kapolres Mura AKB Herwansyah Saidi membenarkan, pihaknya Senin (4/4) sekitar pukul 01.30 WIB telah melakukan penangkapan terhadap dua oknum pelaku Pungli di sepanjang Jalinsum Muratara. Tersangkanya, Ebit Kertojoyo Bin Marul (21), warga Desa Batu Gajah, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara yang juga merupakan resedivis dalam dua kasus 365 KUHP, pembegalan di Jalinsum. Satunya lagi, Iwan Bin Makunir (29) warga Kampung I, Desa Karang Anyar, Kecamatan Rupit yang kedapatan membawa sebilah Sajam. “Keduanya kami tangkap saat menyetop kendaraan di Jalinsum, saat kami geledah salah satunya membawa sajam,” bebernya. (an)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

4 × 1 =