Pertamina Pastikan Stok BBM Jelang Lebaran Di Wilayah OKU Raya Aman

OKU, beritakite.com – Jelang Hari Raya Idul Fitri 1441H masyarakat Kabupaten OKU, OKU Timur dan OKU Selatan (OKU Raya) tak perlu cemas dengan ketersediaan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) karena pihak Pertamina selaku penyuplai BBM menyatakan bahwa stok jelang hari raya aman.

“Stok BBM untuk Kabupaten OKU OKU Selatan dan OKU Timur tidak ada masalah dan juga tidak ada kenaikan permintaan dari SPBU,” ujar M. Rodiyansyah Supervisor Receiving Storage n Distribution (RSD) Pertamina TBBM Baturaja, Jum’at (22/5/2020).

Menurut Rodiyansyah Stok BBM di TBBM Baturaja di sesuaikan dengan kebutuhan yang ada.

“Saat ini stok produk bisa untuk 4, dan setiap hari suplay dari Palembang tetap kita terima,” terangnya.

Pandemi Covid-19 Menyebabkan Perubahan Pola Konsumsi BBM dan LPG Masyarakat

Sementra itu terkait kondisi pandemi Covid-19 ini Region Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Sumbagsel, Rifky Rakhman Yusuf menjelaskan bahwa telah terjadi perubahan pola konsumsi di masyarakat. Tingkat konsumsi BBM dan LPG mengalami penurunan yang signifikan.

“Seperti halnya produk Gasoline (Perta series), rata-rata konsumsi dari bulan April hingga Mei 2020 jika dibanding rerata kondisi normal, produk-produk ini mengalami penurunan mencapai rata-rata di wilayah Sumbagsel yaitu 22,6% dengan penurunan tertinggi terjadi di Sumatera Selatan. Dan untuk produk-produk Gasoil (Dex series) penurunan konsumsi pada bulan yang sama mencapai 13,2% dengan penururan konsumsi tertinggi terjadi di wilayah Bangka Belitung,” jelas Rifky.

Sedangkan anjuran untuk di rumah saja, turut mendukung perubahan pola konsumsi LPG di masyarakat. Meningkatnya konsumsi LPG PSO mencapai 4.1% terhadap konsumsi normal, LPG Non PSO rumah tangga naik 1,8%, namun konsumsi LPG Non PSO Non rumah tangga turun drastis hingga 40.6%.

Khusus Sumatera Selatan keadaannya tidak jauh berbeda BBM, baik produk Gasoline dan Gasoil mengalami penurunan. Rata-rata konsumsi produk gasoline di Bulan April dan Mei dibandingkan kondisi normal di Sumatera Selatan mengalami penurunan hingga 24,1%, sedangkan gasoil turun12,7%.

Tren yang sama juga terjadi terhadap LPG, untuk LPG PSO 3 Kg meningkat sekitar 3,9% dan LPG NPSO rumah tangga juga meningkat sekitar 3,8%. Sedangkan untuk LPG NPSO non rumah tangga turun mencapai 48,6%.

“Dengan melihat kondisi saat ini, Pertamina mengajak seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi semua himbauan pemerintah guna mempercepat pemutusan rantai penyebaran virus Covid-19. Dan mohon doa dan dukungannya agar Pertamina dapat terus menjalankan amanahnya dalam mengantarkan energi untuk negeri,” tutup Rifky (Ril/RED)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

sixteen + 5 =

Berita Populer