Picu Memunculnya Agripreneur Muda, BPTP Balitbangtan Sumsel Gelar Bimtek Membangun Gerakan Agriprenuer Petani Milenial

OKU, beritakite.com – Generasi muda atau generasi milenial merupakan penerus estafet petani yang menjadi penentu kemajuan pertanian masa depan. Dalam rangka meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan petani milenial tentang pengembangan agribisnis berbasis teknologi informasi dan digital, serta untuk memicu memunculnya agripreneur muda BPTP Balitbangtan Sumsel melaksanakan Bimbingan Teknis Membangun Gerakan Agriprenuer Petani Milenial, Selasa (03/12/2019).

Kegiatan bimtek dilaksanakan di Ruang Pertemuan Dinas Pertanian Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), dan diikuti oleh petani muda dari Kabupaten OKU.

Dalam sambutan mewakili Kepala BPTP Balitbangtan Sumsel, Kasubag Tata Usaha BPTP Balitbangtan Sumsel Susilawati,. SP., M.Si menyampaikan bahwa generasi milenial diharapkan menjadi salah satu generasi yang dapat mempercepat proses penyebarluasan teknologi guna mendukung peningkatan produktivitas pertanian.

“Regenerasi petani menjadi hal penting, sehingga minat untuk menjadi petani perlu ditumbuhkan,” kata Susilawati.

Foto bersama peserta Bimtek Membangun Gerakan Agriprenuer Petani Milenial BPTP Balitbangtan Sumsel bersama pemateri dan panitia

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKU Joni Saihu, SP., M.Si., dalam sambutannya saat membuka acara bimtek menyatakan bahwa pihaknya menyambut baik penyelenggaraan bimtek, dan berharap para peserta dapat mengikuti dengan baik.

“Pertanian sangat dinamis, selalu ada perkembangan dalam teknologi, para petani milenial harus bisa merespon perkembangan yang ada,” ujar Joni Saihu.

Dalam bimtek yang dipandu oleh Kasi KSPP BPTP Balitbangtan Sumsel Sidiq Hanapi, SP., MSc., selaku moderator tersebut para petani milenial mendapatkan materi menarik dari tiga narasumber, yaitu : Menumbuhkembangkan Potensi Petani Milenial oleh Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian OKU Ir. Gunawan, Peran Petani milenial dalam pengembangan agribisnis kreatif oleh Staf Khusus Bupati OKU Bidang Pertanian dan Ketahanan Pangan DR. Munajat, SP., M.Si, serta Aplikasi Youtube sebagai Media Pembelajaran dan Penyebaran Informasi oleh Pustakawan BPTP Balitbangtan Sumsel M. Arief Sidik, S.Hut.

Para petani milenial tampak antusias dan berpartisipasi aktif dalam diskusi bersama narasumber yang dilakukan setelah penyampaian materi. (bw)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

14 − 3 =

Berita Populer