Plh. Kapolsek Baturaja Timur IPTU Yudhianto, SE bersama personil Polsek Baturaja Timur saat membacakan Maklumat Kapolri di Pasar Lama Baturaja

Polsek Baturaja Timur Sosialisasikan Maklumat Kapolri

OKU, beritakite.com – Polres Ogan Komering Ulu (OKU) melalui Polsek Baturaja Timur, Minggu (23/3/2020) melakukan sosialisasi maklumat Kapolri Jenderal Idham Azis tentang Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Sosialisasi maklumat Kapolri tersebut disampaikan langsung oleh Plh. Kapolsek Baturaja Timur IPTU Yudhianto, SE didampingi Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta beberapa personil Polsek Baturaja Timur di beberapa titik strategis kota Baturaja diantaranya di Pasar Lama dan Pasar Inpres Baturaja.

Dalam maklumat Kapolri dengan nomor Mak/2/III/2020 tertanggal 19 Maret 2020 yang dibacakan IPTU Yudhianto itu, Kapolri menyatakan bahwa pertimbangan maklumat tersebut didasarkan cepatnya penyebaran virus Corona dan pemerintah telah mengeluarkan kebijakan dalam rangka penanganan agar penyebaran tak meluas dan mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dalam maklumat tersebut, Kapolri meminta agar masyarakat tidak mengadakan kegiatan sosial yang melibatkan banyak orang atau massa dalam jumlah besar. Baik di tempat umum mau pun lingkungan sendiri.

Kegiatan yang dimaksud dapat berupa pertemuan sosial, budaya dan keagamaan seperti seminar, lokakarya, sarasehan, dan sebagainya.

Kegiatan lain yang dimaksud yaitu konser musik pekan raya, festival, bazar, pasar malam, pameran dan resepsionis keluarga, olahraga, kesenian dan jasa hiburan.

Unjuk rasa, pawai, karnaval serta kegiatan lainnya yang menjadikan berkumpulnya massa juga menjadi poin penegasan dalam maklumat Kapolri tersebut.

“Apabila dalam keadaan mendesak dan tidak dapat dihindari, kegiatan yang melibatkan banyak orang dilaksanakan dengan tetap menjaga jarak dan wajib mengikuti prosedur pemerintah terkait pencegahan Covid-19,” ujar IPTU Yudhianto membacakan maklumat Kapolri

Kapolri dalam maklumat tersebut juga meminta masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik. Hanya perlu meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing dan mengikuti perkembangan informasi bersifat resmi yang diterbitkan pemerintah.

Masyarakat diminta jangan sampai terpengaruh dengan informasi yang tidak bisa dipercaya kebenarannya. Pula, tidak menyebarkan berita yang tidak jelas sumbernya.

Masyarakat juga diminta tidak melakukan pembelian dan/atau menimbun bahan pokok maupun bahan kebutuhan masyarakat lainnya secara berlebihan.

“Apabila ditemukan kegiatan yang bertentangan dengan maklumat tersebut, setiap anggota polisi wajib melakukan tindakan kepolisian yang diperlukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” sambung IPTU Yudhianto.

Dalam kesempatan sosialisasi Maklumat Kapolri tersebut masyarakat nampak antusias menyambutnya, bahkan salah seorang pedagang di Pasar Inpres Baturaja meminta IPTU Yudhianto untuk membacakan Maklumat Kapolri itu melalui pengeras suara yang ada di pasar tersebut.

“Tolong Pak dibacakan maklumat itu di musholah pasar, agar semua orang bisa mendengarkan,” pinta pedagang itu yang langsung di turuti IPTU Yudhianto bersama rombongannya. (bw)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

11 − eight =