Ratusan Napi Kelas II Lahat Diajukan Terima Remisi

LAHAT, Beritakite.com – Sedikitnya 250 warga binaan atau narapida lapas kelas II A Lahat, diajukan untuk mendapatkan remisi Hari Raya Idul Fitri. Sementara, jumlah keseluruhan warga binaan sendiri sebanyak 421 orang.

Hal itu seperti dikatakan Plt Kepala Lapas Kelas IIA Lahat, Pudjiono Gunawan. Menurutnya, tidak seluruh warga binaan yang diusulkan untuk menerima remisi mengingat dari jumlah keseluruhan jika dipersentasekan sekitar 60-70 persen kasus narkotika.

“Yang kita usulkan remisi Idul Fitri ini sebanyak 250 orang, namun itu baru sebatas usulan belum final, biasanya keluarnya nanti kurang dari usulan,” ungkapnya, Jumat Kamis (30/4/2021).

Lebih lanjut dijelaskannya kenapa tidak seluruh warga Binaan diusulkan menerima remisi lantaran diantaranya warga binaan yang berasal di Lapas Kelas IIA sekitar 60-70 persen kasus narkotika.

“Dalam PP No 29 mengenai hak-hak warga binaan manakala hukumannya dibawah lima (5) tahun bisa diajukan remisi namun apabila diatas 5 Tahun hukuman tidak bisa diusulkan,” katanya.

Diakui oleh Pudjiono, sebenarnya bisa diajukan remisi namun syaratnya lebih sulit, sehingga itulah yang menjadi kendala namun lebih ketat ketentuan. “Memang bisa namun syarat lebih sulit,” ucapnya.(Sr)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

4 × 5 =