Ratusan Peserta dari Berbagai Daerah Ikuti Gowes Merdeka di Lahat

Lahat, beritakite.com – Minggu 26 Agustus 2018 event sepeda Gowes Merdeka Forkopimda Lahat diadakan denga  start di lapangan eks MTQ dan  finish di destinasi wisata Pelancu desa Ulak Pandan, Merapi Barat.

Event sepeda ini adalah kedua kalinya di Lahat dalam tahun 2018 ini,  diikuti 384 peserta adventure dari berbagai kota di Sumsel seperti Palembang, Pendopo, Muara Enim, Tanjung Enim, Pagaralam, Tebing Tinggi, Lubuk Linggau, Musi. Rawas, Prabumulih dan Lahat dgn rute kota Lahat-Banjarnegara-Nantal-rute adventure jalan tanah menantang-menyeberangi sungai lematang-Pelancu.

Ada juga peserta funbike dengan rute langsung menuju Pelancu melintas jalan aspal yg diikuti sekitar 150 orang. Acara dimulai pukul 07.30 WIB dengan melepas balon merah putih bertuliskan Gowes Merdeka Forkopimda Lahat yg di lepas oleh Rudi Thamrin Sekda Lahat, letkol Sungudi Dandim 0405 Lahat, Jaka Suprana Kajari Lahat, AKP Zulfikar Kasatbimas Polres Lahat, Zamzami GM PLN Lahat, Nanang GM Grand Zuri Lahat dan  beberapa kepala Dinas pemkab Lahat. Acara kemudian dilanjutkan dengan pelepasan peserta adventure.

Event ini diketuai oleh Mayor Dery Syarif Kasdim 0405 Lahat. Di lokasi finish Pelancu selain ada pembagian doorprize juga ada pembentangan bendera merah putih dengan ukuran raksasa 48 x 22 meter yg dilakukan oleh seluruh peserta gowes dan 160 pelajar SMAN Merapi Barat dan tak lupa ada acara tari sambut dgn 3 penari berpakai pakaian daerah.

Tujuan dari menurut Mario Andramartik selaku salah satu panitia, “event gowes ini dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 73 maka dari itu ada pembentangan bendera raksasà dan pakaian pesepeda merah dan putih, turut mengsukseskan Asian Games Jakarta Palembang 2018, memasyarakat sepeda di Lahat khususnya dan mengenalkan destinasi wisata Pelancu.”

Di lokasi finish hadir juga Wawan kades Ulak Pandan dan Camat Merapi Barat. Doorprize utama agenda ini berupa 2 unit sepeda motor dan 4 sepeda MTB serta puluhan hadiah menarik lainnya seperti kulkas, tv, kepas angin,jam dinding dan voucher menginap dari Grand Zuri Lahat.

“Saya selaku sekretaris event ini berharap budaya bersepeda merambah seluruh lapisan masyarakat, harapan saya dalam waktu dekat Pemda Lahat dapat mengeluarkan surat himbauan kepada PNS, TNI, Polri, BUMN,BUMD, pihak Swasta, sekolah yang ada di Lahat bersepeda misal pada hari Jumat sehingga budaya bersepeda dapat terwujud di Lahat. Hal ini dapat mengajak masyarakat hidup sehat dengan bersepeda dan dapat menekan angka kecelakaan serta tingkat polusi udara khususnya di Kota Lahat. Ke depannya di Lahat dapat diadakan event sepeda tingkat nasional bahkan internasional yang akan berdampak positif terhadap perkembangan pariwisata dan ekonomi Kabupaten Lahat, “jelas Maryoto atau biasa dipanggil Mario Andramartik.

(mhd)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

twelve + 14 =