Refleksi 91 Tahun Sumpah Pemuda : Kita Indah Karena Perbedaan, Kita Maju Karena Persatuan

Oleh : Ahmad Mubasyir

Ketua KAMMI Daerah OKU Raya

 

Bagian dari masyarakat yg paling peka terhadap perubahan adalah kalangan muda, mereka yg biasanya cepat sekali merespon apapun fenomena yg terjadi..
Itupula yg tercatat dlm sejarah bahwa 91 tahun yg lalu ditahun 1928 mereka berekspresi atas keresahan yg terjadi, mempersatukan kekuatan yg berserak untuk satu tujuan besar melawan penjajahan dengan satu tujuan yaitu merdeka.

Jika kita telisik lebih jauh, ketika itu sarana komunikasi mereka amatlah terbatas, penyebaran informasi ttg sebuah peristiwa karena teknologi pendukung untuk itu amatlah minim. Lalu apa yg membuat mereka tetap yakin dan percaya dengan apa yg telah mereka rumuskan, jawabannya adl komitmen dan integritas yg dimiliki oleh masing-masing pemuda serta di dasari tujuan besar yg melampaui identitas” pribadi, kesukuan, atau golongan. Tujuan besar itulah yg menghilangkan sekat” identitas pribadi yg melekat sejak mereka lahir, seperti agama, ras,suku, warna kulit dll. Karena pada dasarnya identitas itu bagian dari takdir masing-masing mereka sejak lahir yg itu diluar dari kendali mereka, sedangkan menentukan tujuan besar berbangsa adl pilihan yg kita putuskan berdasarkan kesadaran bersama bahwa kita tidak akan mencapai sesuatu yg lebih besar kecuali dengan persatuan.

Raga boleh berganti, tapi gelora semangat perjuangan dan semangat persatuan pemuda 1928 harus terus berkobar di setiap generasi. Kita yg mengisi kemerdekaan di era reformasi seharusnya sudah tidak lagi gagap dan menggubris dengan narasi” yg memancing perpecahan diantara kita. Kita sudah selesai dengan itu, yg seharusnya kita lebih banyak lakukan hari ini adl mengeksplorasi ide dan gagasan kita untuk bagaimana melukis masa depan Indonesia dengan karya-karya yg membanggakan.

Tujuan besar sudah kita putuskan bahwa dalam 100 tahun Indonesia merdeka di tahun 2045 Negara ini harus menemui kejayaan dan era keemasan nya, maka siapa lagi yg akan menjadi pemikir, perumus,serta penggerak agar tujuan itu tercapai jika bukan kita yang hari hidup dan menyandang status sebagai seorang pemuda.

Kita berbeda adl keniscayaan,perbedaan bukan untuk di perdebatkan apalagi diributkan tetapi di terima sebagai sebuah mahakarya yg maha kuasa. kesadaran membangun masa depan yg lebih baik harus kita upayakan sebagai bagian dari anak-anak ibu Pertiwi yg ditakdirkan menjadi bagian di negeri ini.

Selamat memperingati hari sumpah pemuda, sejarah kita mencatat kita adl pemersatu, maka mari terus rawat itu sampai tujuan besar kita berbangsa dan bernegara benar-benar menjadi nyata. Merdeka… !!!

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

twelve + one =

Berita Populer

Berita Sumsel

iklan kpu