oleh

Rencana Pembangunan Kantor Camat Merapi Barat

Lahat, beritakite.com – Kantor Camat merupakan salah satu sentra pelayanan masyarakat yang ada di kecamatan, tempat berbagai macam urusan diselesaikan, dari rekomendasi ijin usaha, surat-menyurat tanah hingga masalah kependudukan ataupun tempat mengadu berbagai permasalahan antar masyarakat, tak terkecuali kantorCamat yang ada di lingkungan Merapi. Hari ini pukul 10.00 s.d 13.30 wib (23/02/2017), telah diadakan kembali rapat untuk Rencana Pembangunan Kantor Camat Merapi Barat. Dari Rencana Anggaran Biaya yang telah dianggarkan oleh Panitia, RAB yang telah disusun tersebut merupakan rencana yang sangat fantastis, karena sudah menembus angka milyaran rupiah. Jika terealisasi, kantor Camat Merapi Barat akan menjadi kantorCamat paling hebat di Kabupaten Lahat, bahkan mungkin di propinsi Sumatera Selatan nantinya. ukuran bangunan sendiri memiliki panjang 31.5 M x lebar 11.5 meter dengan 2 lantai, serta memakai bahan bangunan yang merupakan kualitas kelas I, akan menjadikan berbagai orang yang memiliki kepentingan dan urusan di kantor camat nanti menjadi sangat nyaman.

Seperti disampaikan oleh Ketua Panitia, Syamsul Hilal, kami memiliki cita-cita agar kantor Camat yang ada di Merapi khususnya Merapi Barat menjadi kantor yang representatif bagi berbagai lapisan masyarakat dan perusahaan untuk berurusan.  Jangan sampai wilayah Merapi Barat yang notabene merupakan penghasil batubara dan sumberdaya alam lainnya memiliki kantor camat yang sudah tidak layak. Walaupun kami sudah merancang RAB yang signifikan, bukan berarti dapat langsung direalisasikan sekaligus, kami berusaha fleksibel dan realistis, jika tidak dapat dibangun sekaligus mungkin dapat dilakukan 2 tahap atau bahkan 3 tahap. Jika hanya mengandalkan dana dari APBD Lahat, kemungkinan akan sulit bahkan bisa dikatakan mustahil untuk terealisasi sekarang ini, karena terkendala efisensi dan pemotongan anggaran dari pemerintah pusat. Sehingga kami mengundang berbagai pihak perusahaan yang ada disekitar Kecamatan Merapi Barat, dengan harapan mereka mau berkontribusi dengan memakai dana CSR dari mereka,” tutur Syamsul Hilal yang juga pernah menjabat Kades Merapi dua periode ini.

Ditambahkan oleh salah satu anggota DPRD dari wilayah Merapi Area Hudson Arpan, “untuk membangun kantor Camat yang telah direncanakan oleh Panitia ini, mutlak dibutuhkan tekad yang  kuat dan sinergi dari berbagai pihak, terutama dari pihak-pihak perusahaan yang ada di sekitar wilayah Merapi Area, namun sudah 6 kali pertemuan yang telah diadakan oleh pihak Kecamatan ini, yang hadir hanya 3 atau 4 perusahaan saja. Sehingga sulit diambil keputusan dengan hanya partisifasi dari perusahaan yang hadir saja. Kami berharap, bukan hanya perusahaan yang ada di Merapi Barat saja yang dapat berkontribusi, namun perusahaan yang ada di MerapiTimur, selatan bahkan dari PT Bukit Asam sekalipun. Harapan kami bulan depan sudah dapat terealisasi peletakan batu pertama dari tahapan-tahapan pembangunan kantor Camat Merapi Barat ini. Jika menunggu sampai anggaran sudah terpenuhi, maka sulit terealisasi rencana pembangunan ini,” ujar pria yang merupakan politisi PPP ini.

Senada dengan ketua Panitia Pembangunan, camat Merapi Barat Kamran, menuturkan ,”rapat dan pertemuan ini sudah terlalu sering dilakukan, namun belum ada keputusan bulat untuk eksekusi pembangunan karena minimnya kehadiran perusahaan-perusahaan yang ada padahal undangan telah disebar kesemua perusahaan yang ada, namun kami berkeyakinan dalam waktu dekat rencana ini akan segera terealisasi, karena beberapa perusahaan sudah menyatakan kesediaan untuk berkontribusi dalam Pembangunan Kantor Camat Merapi Barat ini. Perusahaan yang sudah menyatakan kesediaannya antara lain PT. Priamanaya Energi (PT.PE), PT. Muara Alam Sejahtera (PT. MAS), PT. Bara Alam Utama (PT. BAU) dan beberapa perusahaan lainnya.

Dalam kesempatan ini juga, Sudarman yang merupakan anggota DPRD dari wilayah Merapi, kami juga akan mempelajari lebih lanjut, apakah kami dapat mengusulkan bantuan berupa dana Aspirasi kami anggota DPRD dari wilayah Merapi untuk dapat membantu pembangunan ini, karena hal ini tidak gampang, secara tekhnis kami akan bertanya dengan bagian keuangan dan pembangunan daerah Lahat apakah dapat dilakukan seperti itu, jika dapat kami harus meminta payung hukumnya pungkas pria yang juga merupakan tokoh masyarakat desaTelatang ini.

 

Rapat ini sendiri dihadiri oleh Camat Merapi Barat beserta staf, Panitia Pembangunan kantor camat, 3 orang anggota DPRD dari wilayah Merapi Area Hudson Arpan, Sudarman, Imanullah, beserta beberapa perusahaan yang ada antar lain PT. BAU, PT. MAS, PT. Priamanaya dan lainnya.  (mdmk)

 

banner 336x280

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *