Gempa NTB/Net.

Sejumlah Lembaga di OKU Akan Galang Bantuan Untuk Korban Gempa NTB

Baturaja, beritakite.com – Musibah gempa bumi kembali mengguncang Indonesia, kali ini gempa bumi mengguncang Nusa Tenggara Barat (NTB), gempa berkekuatan 7.0 Skala Richter (SR) tersebut terjadi pada hari Minggu (5/8/2018) pukul 18.46 WIB

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa tersebut berada di kedalaman 15 km. Posisi gempa terletak di 8.25 Lintang Selatan ,116.49 Bujur Timur Laut atau 27 km Timur Laut Lombok Utara, NTB.

Dampak gempa 7.0 SR tersebut telah menyebabkan kerusakan di berbagai wilayah NTB dan sekitarnya. Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB mencatat sebanyak 98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi.

Korban meninggal dunia paling banyak terdapat di Kabupaten Lombok Utara karena wilayah inilah yang parah terkena dampak gempa. Dari 98 orang meningggal dunia akibat gempa, terdapat di Kabupaten Lombok Utara 72 orang, Lombok Barat 16 orang, Kota Mataram 4 orang, Lombok Timur 2 orang, Lombok Tengah 2 orang, dan Kota Denpasar 2 orang.

Diperkirakan jumlah korban dan kerusakan akibat dampak gempa akan terus bertambah. Mengingat belum semua daerah terdampak gempa dapat dijangkau petugas Tim SAR gabungan.

Reaksi duka cita dan senasib sepenanggungan atas musibah gempa bumi di NTB tersebut juga datang dari Kabupaten Ogan Komering Ulu Provinsi Sumatera Selatan, beberapa Lembaga dan Organisasi yang ada di Kabupaten OKU melakukan penggalangan bantuan demi meringankan beban saudara-saudara mereka di NTB yang terkena musibah tetsebut.

Defri Ananda, S.Sy. Ketua Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia Kabupaten OKU, saat di hubungi pada hari Selasa (7/8/2018) menjelaskan bahwa secara nasional JPRMI telah melakukan penggalangan bantuan untuk membantu meringankan beban nasyarakat NTB dan sekitarnya yang sedang tertimpa musibah.

“Untuk kita di Kabupaten OKU, JPRMI juga menggalang bantuan untuk korban musibah gempa bumi di NTB, bagi masyarakat yang berkenan ingin membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah dapat mengirimkan donasinya via rekening Bank Mandiri Syariah No. 7118122016 a/n. JPRMI OKU, selanjutnya bantuan tersebut akan kami salurkan melalui JPRMI Pusat” terang Defri.

Pamflet aksi peduli korban gempa NTB KAMMI OKU Raya

Hal yang sama di sampaikan Ahmad Mubasyir, SP Ketua Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Daerah OKU Raya

“KAMMI Daerah OKU Raya akan menggalang bantuan untuk korban gempa di NTB, untuk sementara bantuan bisa di salurkan via rekening BRI 2191-01-000551-539 a/n Ahmad Mubasyir, selanjutnya kami juga akan melaksanakan aksi kemanusiaan pada hari Jum’at-Ahad (10-12/8/2018), dengan cara turun langsung ke jalan untuk menggalang bantuan masyarakat OKU” ujar Mubasyir.

Terpisah ketua Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kabupaten OKU M. Apriyansyah, ketika dihubungi menjelaskan bahwa lembaganya juga akan melaksanakan aksi penggalangan bantuan dengan cara turun kejalan

“ACT akan melakukan penggalangan bantuan dengan cara turun kejalan, saat ini kawan-kawan sedang mengurus surat-surat untuk kepentingan tersebut” Kata Apriyansyah.

Selain lembaga-lembaga tersebut diatas, Lembaga Pendidikan Sekolah Islam Terpadu (SIT) Tunas Cendikia Baturaja juga melakukan penggalangan bantuan untuk korban gempa bumi NTB, melalui akun media sosial facebook SMP IT Tunas Cendikia dan SDIT Tunas Cendikia menyampaikan pengumuman untuk penggalangan bantuan tersebut.

“Sebagai bentuk kepedulian terhadap saudara/i kita di Lombok dan sekitarnya, maka kami Sdit Tunas Cendikia siap melakukan Penggalangan Dana. Maka, besok Selasa, 7 Agustus 2018 Kami Tunggu Infaq terbaik Ayah Bunda semua. Donasi bisa dititpkan melalui ananda atau diserahkan langsung ke sekolah. Bagi teman atau saudara secara umum yang ingin berpartisipasi, insyaa Allah kami siap menampung” demikian yang tertulis di laman akun facebook kedua sekolah tersebut. (bw)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

2 × 1 =

Berita Populer