Rapat Lintas Sektoral Penanggulangan Penyebaran Virus Corona

Siaga Penyebaran Corona, Sekolah Tidak Libur, CFD Dihentikan

OKU, beritakite.com – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar rapat lintas sektoral dalam rangka antisipasi penyebaran dan dampak Covid-19 atau virus corona di kabupaten berjuluk bumi Sebimbbing Sekundang, Senin (16/3/2020).

Rapat yang digelar di ruang Bina Praja Pemkab OKU ini dipimpin langsung oleh Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis, serta dihadiri oleh Ketua DPRD OKU Marjito Bachri, Kabag Ops Polres OKU Kompol M.Ginting, Kasdim 0403 OKU Mayor Inf Syukri, Kasi Intel Kejari OKU Abu Nawas, Kepala Rumah Sakit RSUD Ibnu Sutowo, RS Dr. Noesmir, RS Santo Antonio dan pihak terkait lainnya.

Dalam sambutannya Bupati OKU Drs Kuryana Aziz menghimbau masalah virus Corona  ini jangan dianggap sepele, karena  sudah merupakan masalah atau bencana nasional, selain itu dampak yang ditimbulkan oleh wabah Virus Corona ini sangat besar dirasakan oleh masyarakat.

“Tentunya kita harus mengantisipasi, mencegah dan memgawasi karena apa, di OKU ini alhamdulillah belum terjadi,” kata Kuryana saat dibincangi awak media usai memimpin rapat.

Dikatakan Kuryana, sesuai instruksi Presiden Joko Widodo setiap daerah untuk membentuk satgas pencegahan dan penangulangan virus ini. Setiap daerah juga diinstruksikan untuk memitigasi, mengawasi dan menentukan status suatu daerah. “Untuk OKU kita Siaga,” tegas Kuryana.

Dalam kesemparan itu juga Kuryana mengatakan untuk sementara ini, Pemkab OKU akan melakulan pembatasan kegiatan ditempat keramaian, seperti penutupan sementara objek wisata di OKU serta meniadakan kegiatan car free day (CFD) di OKU.

“Kita juga akan melakukan pemeriksaan terutama orang yang datang ke Kab OKU, seperti di Stasiun Kereta Api, terminal bus Batu Kuning, tempat wisata, pusat keramaian, restoran, disamping itu juga agar kegiatan Car Free Day di taman kota untuk sementara agar ditiadakan dahulu. Tidak halnya dengan sekolah, murid-murid masih belajar seperti biasa,” ucapnya.

Disinggung masalah Dinas Luar pejabat OKU, Kuryana mengatakan akan mematuhi setiap himbauan,  sesuai himbauan Mendagri yang menginstruksikan tidak melakukan perjalan keluar negeri, serta mengurangi kegiatan perkumpulan, “kalau kegiatan yang tidak begitu perlu mungkin tidak akan dilakukan, kecuali itu merupakan kegiatan penting, jadi kita lihat situasi,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu juga Kuryana membantah pemberitaan dan kabar adanya masyarakat OKU yang terdampak virus corona seperti yang beredar luas melalui media sosial, bahkan Kuryana menyayangkan dan mengecam keras pihak-pihak yanh menyebar isu hoaks tersebut.

“Itu tidak benar hoaks itu, kalau laporan rumah sakit umum ibnu sutowo memang ada warga yang meninggal namun itu hanya sakit biasa dan bukan karema virus corona, sekali lagi saya tegas itu hoaks,” tegasnya (bw).

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

12 + 15 =

Berita Populer

Terbaru