Siswi SMPN 1 Babat Toman Ikuti Sosialisasi Penanggulangan Anemia Gizi

Muba, beritakite.com – Sebanyak 30 siswi yang ada di SMPN 1 Model Babat Toman mendapat sosialisasi Penanggulangan anemia gizi pada remaja dan diberi tablet tambah darah (TTD) dari Puskesmas Kecamatan Babat Toman Kabupaten Musi Banyuasin. Rabu 27/03/2019.

Tujuan mensosialisasikan anemia gizi pada siswi, karena pentingnya suplemen zat besi atau tablet tambah darah (TTD), disamping itu memberdayakan para siswi penggerak kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)serta agar mampu memantau siswi (teman sebaya) yang mengalami anemia gizi dan menaggulanginya denganTTD.

Pemateri sosialisasi dari Puskesmas Babat Toman, dr. Betty mengatakan Pemberian TTD kepada remaja karena wanita lebih rentan terkena anemia atau kekurangan hemoglobin dalam darah. Hal tersebut disebabkan cadangan zat besi wanita lebih sedikit dibanding pria yang memiliki cadangan pada limfa dan tulang belakang.

Para siswi SMPN 1Model Babat Toman Muba saat mengikuti sosialisasi penanggulangan anemia gizi

“Kenapa pria tidak dianjurkan minum TTD? Karena cadangan zat besi mereka banyak dibanding wanita sehingga anjuran minum TTD dikhususkan untuk wanita,” ujar wanita yang akrab disapa Ika itu.

Selain cadangan zat besi yang kurang, wanita tiap bulan mengeluarkan darah atau yang sering disebut menstruasi. Jika zat besi dalam darah berkurang, wanita akan rentan terserang penyakit. Oleh karena itulah Betty mengimbau kepada siswa selain mengkonsumsi TTD, mereka dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti kacang-kacangan, daging, ikan, sayur yang berwarna hijau pekat.

“Selain minum TTD, diharapkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi,” imbuhnya.

Ika juga berpesan kepada para guru untuk memonitor anak didiknya jika menemukan gejala anemia seperti pucat, kurang bersemangat dan jarang melakukan aktivitas fisik. “Saya berpesan kepada para guru akan hal tersebut. Karena prestasi bisa menurun jika siswa mengalami anemia,” pungkasnya.

Kepala SMPN 1 Model Babat Toman Sudirman, S.Pd,M.Si menyambut baik sosialisasi tersebut “ saya ucapkan terimakasih sebanyaknya kepada Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Babat Toman tim gizi, kegaiatan penanggulangan anemia gizi remaja sangat bermanfaat teruntuk para remaja putri akan pentingnya menjaga kesehatan

Harapannya, setelah mengikuti sosialisasi ini para remaja putri memperbaiki pola makannya dan menularkan kepada temannya pentingnya mengonsumsi zat besi agar tidak anemia,” ujarnya (RIM)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

nineteen − 10 =

Berita Populer

Berita Sumsel

iklan kpu