SMA PGRI 1 Lahat Akan Tampilkan Drumband ‘Kinjagh’. Seperti Apakah?

Lahat, beritakite.com  – Setiap tahun, dalam merayakan HUT Kemerdekaan RI, Kabupaten Lahat selalu menggelar pawai pembangunan yang diikuti oleh seluruh instansi di Kabupaten Lahat. Termasuk instansi pendidikan seperti sekolah yang biasa menampilkan peformance layaknya Drumband.

Inilah yang dilakukan SMA PGRI 1 Lahat. Pihak sekolah mulai melakukan inovasi yang menarik tahun ini. Untuk pertama kalinya, mereka akan mengenalkan Drumband Kinjagh kepada masyarakat Kabupaten Lahat. (03/08/2018)

Alat-alat Drumband ini sangat berbeda dengan Drumband pada umumnya. Drumband Kinjagh ini adalah Drumband yang menggunakan alat-alat tradisional. Seperti memanfaatkan kaleng bekas, ember, dan terbangan yang kemudian dibingkai dengan Kinjagh, yaitu alat tradisional masyarakat Kabupaten Lahat yang biasa digunakan untuk membawa hasil kebun. Kinjagh ini terbuat dari rotan.

Anasrul Bakar BA, Kepala SMA PGRI 1 Lahat menjelaskan, bahwa Drumband Kinjagh ini terinspirasi untuk mengembangkan potensi daerah. “SMA PGRI ini sekolah swasta, maka kami harus tampil beda dari yang lain. Kami akan tunjukkan bahwa sekolah kami memiliki profesionalitas dengan keadaan yang seadanya. Disamping mengembankan potensi daerah, jelas ini adalah hal yang sangat unik. Bahkan bisa terunik di Sumsel dan Indonesia, “jelasnya semangat.

Seperti diketahui, SMA PGRI 1 Lahat memiliki siswa yang minim. Hanya ada tiga kelas siswa disini. Bahkan untuk siswa perempuan hanya berjumlah 11 orang.” Di sini banyak siswa pindahan, tapi walaupun begitu, kita akan tunjukkan hasil didikan sekolah ini mampu membuat anak-anak kita berprestasi,” jelasnya.

(mhd)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

12 + 18 =

Berita Populer