SMP IT Ikhlas Cendekia Lahat Adakan Manasik Haji

Lahat, beritakite.com – Setelah beberapa waktu yang lalu melaksanakan pelatihan memandikan dan mengkafani jenazah, kini SMP IT Ikhlas Cendekia Lahat melaksanakan manasik haji dan umroh untuk seluruh peserta didiknya (21/01/2017). Kegiatan ini dilaksanakan di lapangan sekolah SMP IT Ikhlas Cendekia.

“Salah satu rukun Islam adalah naik haji bagi yang mampu. Oleh karena itulah ini penting dipelajari oleh peserta didik dengan metode praktik langsung,” ungkap M. Yanuar Anoseputra SPdI guru fiqih SMP IT Ikhlas Cendekia yang merupakan alumni UIN Raden Fatah Palembang.

Manasik haji ini dipimpin langsung oleh guru SMP IT Ikhlas Cendekia alumni ponpes Raudhatul Ulum Sakatiga Ogan Ilir dan pernah belajar di Yaman, yaitu Ustadz H.Ridwan Hasan Akbar SPdI (28th). Ustadz H.Ridwan menjelaskan mulai dari awal pemakaian pakaian ihram. Kemudian langsung kepada tahapan-tahapan atau rukun haji. Mulai dari niat, tawaf, sa’i, lempar jumrah dan seterusnya. “Kita menggunakan media miniatur ka’bah, gambar hajar aswad, maqam ibrahim, bukit safa dan marwah kita memakai jalan lurus di bawah sekolah, potong rambut tiga helai, lempar jumroh, serta wukufnya kita adakan juga,” ujar Ustadz H.Ridwan kepada beritakite.com.

Muharsani Lc  guru Hadist SMP IT Ikhlas Cendekia menambahkan, “Anak-anak begitu bersemangat mengikuti pembelajaran ini. Sekaligus ini adalah salah satu dari rukun Islam yang harus kita tunaikan apabila sudah mampu,” terangnya.  (W01)

Fotografer : Iwaza Arts

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

fifteen − 6 =

Berita Populer

Berita Sumsel

iklan kpu