Brigjend (Pur) Antoni Simamora (rompi coklat) saat melakukan kunjungan ke media center Satgas Covid-19 Kabuapten OKU

Ternyata Ini Penyebab Hasil Swab Test Lambat Keluar

OKU, beritakite.com – Terjawab sudah apa penyebab hasil swab test yang terkesan lambat di keluarkan oleh Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang, hasil swab test tersebut lambat keluar disebabkan keterbatasan baik SDM maupun peralatan yang dimiliki BBLK Palembang.

Pertanyaan yang selama ini mengggajal di hati hampir sebagian besar masyarakat Kabupaten OKU itu terjawab setelah adanya penjelasan dari Brigjend (Pur) Antoni Simamora Liaison officer (LO) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 RI untuk wilayah Sumatera Selatan saat melakukan kunjungan ke Kabupaten OKU, Jum’at (22/5/2020).

“Perhari BBLK Palembang hanya mampu memeriksa sebanyak 450-465 sampel swab per hari, sedangkan saat ini sampel yang masih menunggu diperiksa jumlahnya mencaapi ribuan sampel, dan sampel ini setiap hari terus bertambah,” ujar Antoni Simamora.

Menurutnya penumpukan sampel swab terjadi karena BBLK Palembang membawahi 5 provinsi se Suamatera Bagian Selatan (Sumbagsel) yakni Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Lampung dan Bangka Belitung.

Menurut Brigjend (Pur) Antoni Simamora jika dulu 2-3 hari hasil swab test sudah keluar, namun sekarang karena banyaknya jumlah sampel swab yang dikirim, berdampak pada antrian pemeriksaan sampel swab yang ada.

“SDM yang kita miliki di BBLK Palembang terbatas, demikian juga peralatan yang ada, alat kalau dipakai terus menerus bisa rusak,” tambahnya.

Menurut purnawirawan TNI itu diperlukan kerjasama dan gotong royong semua pihak guna menanggulangi virus corona ini, tidak cukup penanggulangan hanya dilakukan Satgas Covid-19 dan pemerintah saja, namun harus juga melibatkan masyarakat, akdemisi, media massa dan pihak swasta.

“Masyarakat harus menaati, patuh dan taat itu saja kuncinya, disiplin itu harus betul-betul dilaksanakan,” pungkasnya. (bw)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

three × three =

Berita Populer