Tingkatkan Keterampilan Dan Pengetahuan Tentang Pengelolaan Wakaf Produktif, BWI Muba Gelar Pembinaan Untuk Nadzhir Wakaf

MUBA, beritakite.com — Untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan tentang pengelolaan wakaf produktif di Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA), Perwakilan Badan Wakaf Indonesia (BWI) Muba menggelar kegiatan pembinaan Nadzhir Wakaf dan sosialisasi Undang-Undang nomor 41 Tahun 2014 dengan menghadirkan Pemateri BWI Provinsi Sumatera Selatan di aula Kantor Kementerian Agama, Sabtu (23/11/2019).

Dengan 20 peserta dilakukan pembinaan Nadzhir Wakaf oleh Badan Wakaf Indonesia Kabupaten muba untuk mendorong dalam meningkatkan pemberdayaan Nadzir serta meningkatkan peran Nadzir mengelola wakaf agar lebih professional pelakasanaan wakaf yang baik serta benar berdasar regulasi maupun penerapannya di lapangan.

Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kabupaten Muba H. Taufiq Fathir, M.Pd.I dalam materinya menyampaikan

“Pengelolaan wakaf hendaknya memperhatikan asas kemanfaatan dengan penataan administrasi yang baik dan benar berdasar Undang-Undang Nomor 41 tahun 2004 tentang wakaf,” kata Taufiq Fatir.

Dan hendaknya mengupayakan agar nadzir dalam pengelola wakaf di Kabupaten Muba bisa lebih rapi manajemennya, termasuk pelaksanaan di lapangan.

“Potensi wakaf sangat besar namun belum dimanfaatkan secara maksimal, maka solusinya nadzir perlu dibimbing, dilatih dan dibina agar profesional bisa meningkatkan daya gedor mereka dalam meningkatkan peran wakaf untuk kemaslahatan umat,” tandas H.Taufiq.

H. Kuwat Sumarno Selaku BWI Sumsel dalam menyampaikan materi menambahkan

“Peran nadzir sangat penting, sehingga harus memiliki kompetensi mengetahui sistem perwakafan dan aturan Undang-Undang, disamping itu memiliki gambaran jelas bagaimana memelihara, mengembangkan dan menginvestasikan wakaf,” kata H. Sumarno

Tentang pendayagunaan wakaf, lanjut H.Sumarno, yang benar seperti untuk tempat ibadah (Masjid), madrasah, makam, atau kegiatan lain sesuai syariah, dan hasil pendayagunaan wakaf produktif. (RIM)

Tidak Ada Komentar

Tinggalkan Balasan.

*

*

three × 2 =